Jawa Pos

UT Surabaya Wisuda 1.534 Mahasiswa

-

SURABAYA – Hari ini 1.534 mahasiswa Universita­s Terbuka (UT) Surabaya program sarjana bakal diwisuda. Kemarin (20/3) para calon wisudawan tersebut mendapatka­n penguatan diri lewat seminar di Airlangga Convention Center. Kampus di bawah naungan Kementeria­n Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenriste­kdikti) itu menghadirk­an Direktur Utama Jawa Pos Koran Leak Kustiyo.

Ribuan calon wisudawan tersebut berasal dari 18 kabupaten/ kota di Jatim. Dalam seminar itu UT Surabaya mengangkat tajuk Media Cetak di Era Cyber.

Leak menyatakan, era digital memudahkan banyak orang untuk berkomunik­asi. Semua orang bisa menulis dengan media apa pun. Namun, tidak mudah memverifik­asi kebenaran semua tulisan yang tersebar di media sosial maupun aplikasi chat.

Karena itu, jelas Leak, media cetak (dalam hal ini Jawa Pos)

terus berkomitme­n terhadap integritas. Semua berita harus melewati seleksi secara ketat dan itu semua adalah fakta, bukan hoax. Dengan begitu, masyarakat tetap percaya dengan Jawa Pos. ”Kami (Jawa Pos) tetap melakukan verifikasi atas semua informasi yang kami dapat,” katanya

Selain itu, lanjut Leak, semua informasi jauh bisa kita dapat dengan mudah. Khususnya yang viral. Namun, kejadian di sekitar kita secara detail justru sulit diperoleh. Misalnya saat ada perampokan. ”Jawa Pos mencoba membahas secara detail. Siapa pencurinya, alasannya apa, atau ditangkap jam berapa. Kami menerapkan jurnalisme hiperlokal,” terangnya.

Kepala Unit Program Belajar Jarak Jauh (UPBJJ) UT Surabaya Teguh Prakoso menjelaska­n, tiap-tiap daerah memiliki kelompok belajar. Ada tatap muka, tetapi tidak banyak. ”Hampir semua dilakukan dengan sistem jarak jauh,” ujarnya.

Teguh berharap lulusan UT Surabaya memaksimal­kan ilmu yang diperoleh.

 ?? DIKA KAWENGIAN/JAWA POS ??
DIKA KAWENGIAN/JAWA POS
 ?? DIKA KAWENGIAN/JAWA POS ?? TAMBAH ILMU: Calon wisudawan UT Surabaya pada seminar Media Cetak di Era Cyber di Airlangga Convention Center kemarin. Foto atas, Leak Kustiyo.
DIKA KAWENGIAN/JAWA POS TAMBAH ILMU: Calon wisudawan UT Surabaya pada seminar Media Cetak di Era Cyber di Airlangga Convention Center kemarin. Foto atas, Leak Kustiyo.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia