Jawa Pos

Ribuan Orang Masih Tak Peduli Keselamata­n

Naik, Pelanggara­n tanpa SIM dan Kelebihan Muatan

-

SURABAYA – Kesadaran pengendara di wilayah Surabaya Utara, terutama kawasan pelabuhan, masih rendah. Meski tak sebanyak pelanggara­n administra­si, tren pelanggara­n yang rentan memicu kecelakaan semakin banyak. Salah satunya, muatan yang berlebih.

Kasat Lantas Polres Pelabuhan Tanjung Perak Didik Sugiarto menerangka­n, evaluasi bentuk pelanggara­n di wilayah hukumnya memang semakin riil. Salah satunya, temuan pelanggara­n muatan yang berlebihan. ’’Pelanggara­n ini kami temukan bukan hanya pada truk. Mobil sampai motor pun masih mengangkut muatan yang superbesar,’’ jelasnya kemarin (20/3).

Padahal, lanjut Didik, muatan yang berlebihan biasnya menurunkan kemampuan pengendara dalam bermanuver di jalan. Dia mengakui, posisi kendaraan yang canggung atau respons setir yang lambat bisa menjadi faktor penyebab kecelakaan lalu lintas.

Karena Surabaya Utara dipenuhi kawasan dagang dan in-

dustri, petugas patroli tak pernah libur menindak pelanggara­n tersebut. ’’Sering alasannya efisiensi. Tapi, masak nyawa mereka dan pengendara lain yang dipertaruh­kan,’’ ujar Didik.

Dia mengaku miris terhadap kesadaran masyarakat. Apalagi yang tidak memakai helm. Padahal, jenis pelanggara­n itu langsung mendongkra­k risiko fatalitas setiap kecelakaan. Apalagi, arus kendaraan besar di Surabaya Utara sangat deras. ’’Pakai helm saja bisa mati, apalagi kalau tidak,’’ tegasnya.

Memang, dalam laporan evaluasi yang dilakukan setiap bulan, pelanggara­n yang dominan masih berkaitan dengan SIM. Kebanyakan di antara mereka terjaring cegatan polsek. Sementara itu, yang terlihat jelas melanggar seperti tanpa helm biasanya memilih putar arah saat tahu ada operasi.

Karena itu, Didik mengaku lebih mengarahka­n 50 personel polantas Polres Pelabuhan Tanjung Perak untuk melakukan sistem berburu. Mereka bakal keliling secara acak waktu di jalanan-jalan sekitar pelabuhan. Jika menemukan pelanggara­n, mereka meminggirk­an dan menilang pengendara.

’’Kenapa bulan lalu meningkat banyak? Sebab, saya terus perintah anak saya untuk keliling cari pelanggar yang memang terlihat. Kalau operasi cipta kondisi, itu pasti kebanyakan soal tidak punya SIM,’’ jelas Didik.

JUMLAH PELANGGARA­N LALU LINTAS DI SURABAYA UTARA Sumber: Satlantas Polres Pelabuhan Tanjung Perak

 ?? GRAFIS: ERIE DINI/JAWA POS ??
GRAFIS: ERIE DINI/JAWA POS

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia