Jawa Pos

Nasihat Mudah Dicerna lewat Dongeng

-

SURABAYA – Aditya Damal Kelsyah terlihat mondar-mandir di pekarangan sekolah kemarin. Wajah bocah sebelas tahun itu tegang. Beberapa meter dari tempatnya berdiri, ratusan temannya di SDN IV Bubutan tengah memusatkan konsentras­i pada Haris Rizki yang sedang mendongeng ditemani bonekanya, Ayis. Beberapa kali Damal membenarka­n kostumnya. Kaus dan celana plus sarung yang diselempan­gkan di dada.

’’Ayo adik-adik, pertama mari kita sambut Daaaamaaaa­l!’’ teriak Haris disambut tepuk tangan dari bocah-bocah kelas I–VI itu. Damal pun langsung berdiri di depan penonton, lalu bercerita tentang Timun Mas. Sesekali dia menggaruk kepalanya yang tidak gatal. ’’Opo yo lanjutane,’’ katanya. Meski tahu Damal gugup, teman-temannya terus memberikan dukungan dengan bertepuk tangan. Setelah Damal, tampil Fathirul Islah yang mendongeng tentang legenda Putri Tangguk.

’’Yang paling penting, berani dulu ke depan penonton dan bercerita. Semuanya sudah bagus bisa mendongeng,’’ ujar Haris. Pria yang berprofesi sebagai pendongeng profesiona­l sekaligus pustakawan di SDN Bubutan IV itu memang mendorong siswa aktif terlibat bercerita. ’’Mereka yang bercerita biasanya malah memegang nilai cerita lebih teguh,’’ ucap Sastro, kepala SDN IV Bubutan.

Acara untuk memperinga­ti World Storytelli­ng Day atau Hari Mendongeng Sedunia itu memang bertujuan melatih keberanian anak-anak tampil di muka umum. Plus, menanamkan nilai-nilai kebaikan. Dengan cara penyajian kisah yang menarik imajinasi anak, mereka bakal lebih mengingat nilai-nilai yang perlu dijaga atau dihindari. ’’Dongeng jadi salah satu media pembentuka­n karakter yang terbaik sebelum memasuki masa pubertas,’’ jelasnya.

’’Kalau cuma dituturi, mereka sering kali membandel. Tetapi, jika diberi tahu lewat kisah yang mereka suka, mereka bisa menilai sendiri. Saya saja masih ingat kisah Bawang Merah dan Bawang Putih sampai sekarang,’’ ungkapnya. Selain menjaga imajinasi dan kreativita­s, dongeng membiasaka­n mereka menangkap intisari sebuah kalimat.

 ?? AHMAD KHUSAINI/JAWA POS ?? BELAJAR BERANI: Dari kiri, Haris Rizki tampil bersama Fathirul Islah dan Aditya Damal Kelsyah di depan siswa SDN Bubutan IV kemarin. Mereka memperinga­ti Hari Dongeng Sedunia.
AHMAD KHUSAINI/JAWA POS BELAJAR BERANI: Dari kiri, Haris Rizki tampil bersama Fathirul Islah dan Aditya Damal Kelsyah di depan siswa SDN Bubutan IV kemarin. Mereka memperinga­ti Hari Dongeng Sedunia.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia