Jawa Pos

Perbaiki Biopori dan Panen Sayur

Peringati Momen Hari Air Sedunia

-

SURABAYA – Hari Air Sedunia yang jatuh pada 22 Maret diperingat­i kemarin di SMPN 5 Surabaya. Perangkat kecamatan, kepolisian, TNI, dinas lingkungan hidup (DLH), aktivis lingkungan hidup, serta perwakilan sekolah hadir dalam acara yang diisi dengan perbaikan biopori dan panen kebun hidroponik itu.

Koordinato­r Komunitas Nol Sampah Surabaya Hermawan Some menyebutka­n, biopori memiliki banyak manfaat. Selain menampung air hujan, biopori bisa dimanfaatk­an untuk mengolah sampah. Kompos bisa dijual kepada masyarakat. ’’Paling penting, biopori mendorong peningkata­n kualitas air tanah,’’ kata Wawan, panggilan akrab Hermawan.

Dia menambahka­n, Surabaya seharusnya memiliki banyak biopori. Selain dekat laut, penggunaan air di Kota Pahlawan cukup tinggi. Setelah mendengar paparan Wawan, para tamu undangan bergeser dan melakukan aksi lain. Mereka secara beramairam­ai memperdala­m lubang biopori di kawasan sekolah. Ada tujuh biopori yang dikeruk dengan alat.

Berdasar pengamatan, ketujuh lubang biopori memiliki diameter 10 cm. Kedalamann­ya mencapai 1 meter. Saat ini, ada 105 biopori yang telah dibuat di SMPN 5 Surabaya. ’’Setiap minggu, ada agenda perawatan biopori yang dilakukan anakanak,’’ ungkap Kepala SMPN 5 Surabaya Nanik Partiyah.

Mantan kepala SMPN 4 Surabaya itu menambahka­n, di kalangan siswa, telah dibentuk kelompok kerja (pokja) untuk menangani biopori. Tugasnya, mengecek resapan air dan perkembang­an sampah secara rutin. Nanik menambahka­n, pendidikan lingkungan hidup untuk anak-anak SMP amat penting. Mereka perlu diajari action di lapangan. Sejak masuk sekolah, anak-anak diajak berpikir bagaimana caranya menjaga kelestaria­n lingkungan di sekitarnya. Termasuk merawat kualitas air agar tidak keruh.

 ?? EKO HENDRI/JAWA POS ?? LEBIH CEPAT: Hari Air Sedunia yang jatuh pada 22 Maret diperingat­i dengan panen sayuran hidroponik kemarin.
EKO HENDRI/JAWA POS LEBIH CEPAT: Hari Air Sedunia yang jatuh pada 22 Maret diperingat­i dengan panen sayuran hidroponik kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia