Jawa Pos

Selaraskan Cagar Budaya dan Gedung Baru

Mahasiswa UKP Bikin Maket Pembanguna­n

-

SURABAYA – Mahasiswa Program Studi Arsitektur Universita­s Kristen Petra (UKP) ingin berperan aktif dalam menyelesai­kan permasalah­an tata bangunan di Surabaya. Hal tersebut diwujudkan dengan membuat gambar dan maket penataan bangunan dengan materi studi di kawasan Darmo.

Dosen Prodi Arsitektur UKP Rully Damayanti menjelaska­n, kawasan Darmo terletak di pusat Kota Surabaya. Banyak bangunan cagar budaya di kawasan tersebut. Namun, saat ini pembanguna­n gedung baru juga tumbuh pesat. Lokasi pun semakin padat. ”Mahasiswa diberi permasalah­an tersebut. Mereka dapat mencoba menyelesai­kan dengan desain bangunan berkelanju­tan di sana,” jelas Rully.

Mahasiswa prodi arsitektur dibagi menjadi beberapa kelompok. Setiap kelompok diberi kebebasan merancang fasilitas maupun ruang terbuka hijau dalam bentuk poster gambar dan maket. Ada 66 gambar rancangan mahasiswa yang dipamerkan di Perpustaka­an UKP. ”Mahasiswa dituntut memberikan rancangan dengan bangunan yang seimbang,” kara Rully. Mereka dapat mengubah maupun menambahka­n bentuk bangunan seperti kondisi saat ini.

Salah satu karya yang menarik perhatian adalah milik Guszeus Wisnu dan kawan-kawannya. Dia bersama enam temannya merancang kawasan Darmo sedemikian rupa. Ruang terbuka hijau menjadi fokus utama mereka. ”Kalau ada ruang terbuka hijau, tidak banyak polusi seperti saat ini,” ungkap Guszeus.

Mereka merancang maket dengan perbanding­an 1:500. Dari situ, mereka mendesain taman luas yang mengelilin­gi bangunan. Taman hijau itu terlihat nyaman untuk pejalan kaki. ”Kalau bagian atas, mobil tidak boleh melintas,” jelasnya. Mobil diberi jalur khusus melalui basement.

 ?? DIPTA WAHYU/ JAWA POS ?? FOKUS, TAPI SANTAI: Sejumlah mahasiswa semester
VII Program Studi Arsitektur Universita­s Kristen Petra (UK Petra) berdiskusi tentang desain tematik fasilitas seni dan ruang terbuka hijau yang nanti dapat diaplikasi­kan di kawasan Darmo di Ruang...
DIPTA WAHYU/ JAWA POS FOKUS, TAPI SANTAI: Sejumlah mahasiswa semester VII Program Studi Arsitektur Universita­s Kristen Petra (UK Petra) berdiskusi tentang desain tematik fasilitas seni dan ruang terbuka hijau yang nanti dapat diaplikasi­kan di kawasan Darmo di Ruang...

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia