Jawa Pos

Jaring Pelajar yang Unggul di Seni

-

SIDOARJO – Sandra Wahyuningt­yas, pelatih tari SMPN 1 Waru, membawa empat bandeng bakar di atas tungku kecil ke panggung. Bandeng tersebut menjadi properti menari lima anak didiknya yang tampil dalam acara Pekan Seni Pelajar Se-Kabupaten Sidoarjo 2018 kemarin (20/3). ’’Ini cerita tariannya memang tentang banyaknya petani ikan di Sidoarjo,’’ ujar Sandra.

Selain bandeng, kelimanya menari sambil membawa wadah anyaman bambu. Mereka menampilka­n gerakan seperti nelayan yang sedang menangkap ikan. Tarian berjudul makaryo itu jadi tampilan pembuka lomba tari tingkat SMP yang berlangsun­g di halaman kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Sidoarjo.

Setelah itu, baru tim tari SMPN 1 Sidoarjo yang tampil. Mereka membawakan tari kembang pesisir. Dibawakan tujuh siswa, tari tersebut menceritak­an sosok rupawan dari pesisir.

Selain lomba tari, beragam lomba lainnya diadakan di sana. Ada lomba seni musik tradisi, samroh, paduan suara, teater tradisi, seni patung, seni poster, dan puisi. Semua lomba tersebut diselengga­rakan di tempattemp­at yang berbeda. Selain di Dikbud Sidoarjo, acara itu diadakan di Taman Tanjung Puri, SMP PGRI 1 Buduran, dan SMPN 1 Sidoarjo. ’’Hari ini (kemarin, Red) untuk yang tingkat SMP saja,’’ kata Kartini, Kabid Kebudayaan Dikbud Sidoarjo. Sehari sebelumnya (19/3) dilangsung­kan acara serupa untuk siswa jenjang SD.

Total ada 138 siswa SD dan 99 siswa SMP yang berpartisi­pasi. Dikbud mengambil satu juara dari tiap jenis lomba. Pemenang dari setiap kategori akan maju ke Pekan Seni Pelajar tingkat Provinsi Jatim untuk mewakili Sidoarjo.

 ?? FIRMA ZUHDI/JAWA POS ?? BERSAING: Siswa SMPN 1 Waru menampilka­n tari makaryo kemarin.
FIRMA ZUHDI/JAWA POS BERSAING: Siswa SMPN 1 Waru menampilka­n tari makaryo kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia