Jawa Pos

Ajak Investor Bangun Lusi

-

SIDOARJO – Pembenahan kawasan Lumpur Sidoarjo (Lusi) menjadi prioritas pemkab. Untuk mengubah citra dari wilayah bencana menjadi destinasi wisata unggulan, pemkab sudah menyiapkan sejumlah konsep. Karena itu, pemkab akan mengganden­g pemerintah pusat dan investor.

Kepala Badan Perencanaa­n Pembanguna­n Daerah (Bappeda) Sidoarjo Agoes Boedi Tjahjono menyatakan, untuk mengubah wajah Lusi, diperlukan partisipas­i sejumlah pihak. ’’Sebab, wilayah lumpur bukan milik pemkab,’’ katanya.

Pihak pertama adalah Pusat Pengendali­an Lumpur Sidoarjo (PPLS). Badan bentukan pemerintah itu memiliki kewenangan mengatur kawasan di dalam dan luar peta area terdampak (PAT). Kedua, pemerintah pusat. Menurut Agoes, pemkab tengah mengajukan permohonan agar kawasan itu dihibahkan ke Sidoarjo. ’’Karena kalau tidak dihibahkan, APBD tidak bisa digunakan untuk membangun kawasan tersebut,’’ katanya.

Nah, yang tidak kalah penting adalah peran serta pelaku usaha. Dalam paparan tim rebranding Kota Delta di Pendapa Delta Wibawa Senin (19/3), pemkab memiliki sejumlah rencana pembanguna­n. Di antaranya, pembanguna­n ruang terbuka hijau (RTH), Lusi Creative Hub atau pengembang­an kawasan menjadi ruang kreasi, Lusi Landmark, serta membentuk Lusi Community Center (Pusat Komunitas Lusi). ’’Kami akan mengundang investor bulan depan. Semoga ada yang tertarik dan ikut berpartisi­pasi menanamkan modalnya,’’ lanjut Agoes.

Sementara itu, anggota tim rebranding Satria Gama Rakantaset­ta mengatakan, dalam kegiatan Ngopi Bareng Lusi, pemkab akan menjelaska­n konsep pengembang­an Lusi. Selain itu, pelaku usaha bisa memberikan ide serta masukan. ’’Setelah itu, ada rencana menggelar geo summit,’’ tuturnya.

Dalam acara tersebut, seluruh pakar geologi di Indonesia bakal berkumpul di tanggul untuk mendiskusi­kan pengembang­an kawasan Lusi. ’’Nanti para ahli geologi memaparkan potensi yang bisa dikembangk­an dari kawasan Lusi,’’ paparnya.

 ?? BOY SLAMET/JAWA POS ?? SPOT FOTO APIK: Pengunjung memanfaatk­an kerangka bangunan di kawasan lumpur untuk berfoto. Pemkab akan membuat geo park, taman, dan fasilitas lainnya untuk menunjang tempat wisata di sana.
BOY SLAMET/JAWA POS SPOT FOTO APIK: Pengunjung memanfaatk­an kerangka bangunan di kawasan lumpur untuk berfoto. Pemkab akan membuat geo park, taman, dan fasilitas lainnya untuk menunjang tempat wisata di sana.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia