Jawa Pos

Yuliana Pilih Pertunanga­n Tradisiona­l-Modern

-

SURABAYA – Tingjing atau pertunanga­n dengan serangkaia­n prosesi adat Tionghoa tidak melulu didominasi warna merah. Bisa juga dibuat dalam nuansa lain yang mencermink­an warna favorit pasangan yang tengah bertunanga­n.

Yongky Soetanto, project manager Faith Event Organizer, mengungkap­kan, saat ini cukup banyak pasangan yang meminta tingjing dalam kemasan yang lebih modern. Namun tanpa meninggalk­an tradisi yang ada. Misalnya acara pengalunga­n, makan misoa, dan minum teh angco yang menjadi beberapa prosesi wajib.

”Pada tingjing modern, nuansa dekorasi hingga baju tidak lagi didominasi merah. Berbeda dengan Tionghoa totok yang mengenakan cheongsam merah. Ditambah dekorasi, seserahan, dan hamper yang juga serbamerah,” terang dia.

Salah satu pasangan yang memilih pertunanga­n dengan tetap mempertaha­nkan tradisi tapi dalam kemasan modern adalah Yuliana Setiawan dan Argus Wiyono. Keduanya menggelar acara tersebut pada 11 Maret lalu di Ming Garden.

Warna dekorasi hingga pakaian yang dikenakan pasangan tersebut bukan lagi merah. Melainkan warnawarna pastel seperti peach, putih, juga baby pink. Hal itu tidak terlepas dari selera Yuliana yang memang menyukai warna tersebut. ”Emang suka yang soft elegan. Makanya, minta didekor juga yang warnawarna lembut,” ujar Yuliana.

Alumnus Manajemen Pemasaran UK Petra tersebut juga memilih untuk mengenakan gaun berwarna dusty pink rancangan Vania Justine dengan detail mutiara di beberapa bagian. Sementara itu, calon suaminya senang dengan warna emas. Karena itu, table set pun dibuat dalam nuansa warna emas.

 ??  ?? SEGAR: Yuliana Setiawan dan Argus Wiyono saat menghelat pesta pertunanga­n pada 11 Maret.
SEGAR: Yuliana Setiawan dan Argus Wiyono saat menghelat pesta pertunanga­n pada 11 Maret.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia