Jawa Pos

Oalah, PNS Cantik Disebut Guru Cabul

-

PAKAI nama agamais, tapi menyebar hoax. Itulah yang dilakukan pejuang-islam.com. Dengan memanfaatk­an foto seorang PNS cantik, blog tersebut membuat tulisan abal-abal. Isinya mengenai guru perempuan yang menghadiah­i siswanya dengan berhubunga­n intim. Tulisan itu kemudian disebarkan lewat fan page yang mencatut nama tokoh agama untuk mendapatka­n traffic

atau klik.

Si pembuat konten sengaja menarik perhatian pembacanya dengan memberikan tanda merah pada bagian dada di foto PNS cantik. Jawa Pos pernah mengikuti grup pembelajar­an mengenai ternak akun-akun Facebook. Memberikan tanda pada foto seperti itu merupakan trik untuk menarik perhatian pembaca.

Ternyata tulisan tersebut tak berkaitan dengan foto sang PNS. Foto tersebut dicomot dari akun forum di Kaskus

yang membahas PNS-PNS cantik di Indonesia. Isi tulisan juga tidak berkaitan dengan kejadian pencabulan. Melainkan sebuah artikel mengenai HPV (human papillomav­irus).

Pengelola blog membuat tulisan clickbait bin sampah seperti itu semata untuk mengejar pendapatan iklan dari Google Ads. Entah bagaimana Google bisa meloloskan blog seperti itu untuk menjadi publisher-nya. Padahal, Google Ads selama ini cukup terkenal ketat dalam menerapkan aturan bagi publisher iklannya.

Dari penelusura­n Jawa Pos, tulisan dengan judul serupa dibuat blog storyterki­ni.com. Isi tulisannya persis, soal HPV. Bedanya hanya terdapat pada foto. Blog itu menggunaka­n foto seorang perempuan berseragam guru yang sedang berada di balik pintu kelas.

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia