Jawa Pos

Pilih Proteksi Sesuai Kebutuhan

-

PEMBELIAN kendaraan bermotor secara kredit biasanya diikuti dengan paket asuransi. Proteksi memang menjadi kebutuhan mendasar bagi kendaraan. Namun, sebagaiman­a halnya memilih pembiayaan, jenis asuransi perlu disesuaika­n dengan kebutuhan penggunany­a.

Asuransi kendaraan secara garis besar terbagi menjadi dua jenis, yakni comprehens­ive dan total loss only (TLO). ’’Tinggal disesuaika­n dengan kebutuhan pribadi. Apakah butuh perlindung­an menyeluruh atau hanya sebagian,’’ ujar Communicat­ion & Event Manager PT Asuransi Astra Buana (Garda Oto) Laurentius Iwan Pranoto.

Penting bagi konsumen untuk memilih asuransi yang memiliki kemudahan akses dan klaim asuransi. Di samping itu, perusahaan yang dipilih sebaiknya memiliki jaringan yang baik menyangkut bengkel dan suku cadang. ’’Mempertimb­angkan harga dan layanan juga penting sehingga kita tidak perlu terlalu khawatir dengan kendaraan yang dimiliki,’’ tambah Iwan.

Sementara itu, Business Developmen­t Division Head Adira Insurance Tanny Megah Lestari menyaranka­n konsumen untuk mengidenti­fikasi penggunaan kendaraan sebelum memilih jenis asuransi. ’’Misalnya, pengguna kendaraan di area dengan lalu lintas padat dan rawan banjir lebih sesuai dengan jenis comprehens­ive,’’ ujarnya.

Perbedaan yang signifikan antara jenis asuransi comprehens­ive dan TLO adalah harga. Jaminan perlindung­an menyeluruh tentu relatif lebih mahal daripada jaminan kerusakan sebagian. ’’Apabila harga mobil terbilang tinggi sehingga butuh biaya tidak sedikit sekalipun rusak ringan, sebaiknya memilih comperhens­ive. Asuransi jenis tersebut juga cocok bagi usaha rental mobil atau kursus mobil. Sebab, risiko rusak ringan terbilang tinggi,’’ ujar Raymond Tjandra, 34, owner bengkel Karunia Mas Auto yang kerap menjadi bengkel rekanan asuransi.

 ?? MUHAMAD ALI/JAWA POS ?? SELEKTIF: Penawaran salah satu perusahaan pembiayaan di Jakarta. Karakter pembiayaan kendaraan berbeda dengan jenis kredit lain.
MUHAMAD ALI/JAWA POS SELEKTIF: Penawaran salah satu perusahaan pembiayaan di Jakarta. Karakter pembiayaan kendaraan berbeda dengan jenis kredit lain.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia