Jawa Pos

Hampir Semua dari Pelabuhan

-

GRESIK – Pengguna dan perusak Jalan Harun Thohir sudah jelas. Sebagian besar kendaraan itu beraktivit­as di Pelabuhan Gresik. Komitmen pengusaha belum pasti.

”Sekitar 95 persen kendaraan yang lalu-lalang di Jalan Harun Thohir berasal dari pelabuhan,” ungkap Bupati Sambari Halim Radianto.

Survei Dinas Pekerjaan Umum Tata Ruang (DPUTR) Gresik menyebutka­n, jumlah pemilik kendaraan itu bertambah satu. Tidak lagi empat, tetapi lima perusahaan.

Jika dilakukan kalkulasi, pengelola pelabuhan bakal menanggung sekitar Rp 29 miliar di antara total kebutuhan perbaikan Rp 31 miliar. Itu ukuran persentase. Tanggung jawab proporsion­al.

Jawa Pos kemarin (22/3) berusaha mengonfirm­asi Pelindo III Gresik. Namun, tidak ada yang memberikan pernyataan. ”Pimpinan dan humas sedang rapat di kantor Surabaya,” ujar seorang petugas di kantor Pelindo.

Manajer Keuangan PT Gresik Jasatama (PT GJT) Edi Hidayat menyatakan belum mendapat pemberitah­uan hasil survei kendaraan yang memanfaatk­an Jalan Harun Thohir. Edi mengaku sedang berada di Jakarta. PT GJT adalah operator bongkar muat batu bara di Pelabuhan Gresik.

 ?? CHUSNUL CAHYADI/JAWA POS ?? KELUAR MASUK: Truk trailer yang memuat tiang pancang beton masuk ke Pelabuhan Gresik kemarin.
CHUSNUL CAHYADI/JAWA POS KELUAR MASUK: Truk trailer yang memuat tiang pancang beton masuk ke Pelabuhan Gresik kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia