Jawa Pos

UT Pelopori Ujian Gunakan Gadget

-

SURABAYA – Era digital kini telah menguasai berbagai bidang. Bahkan, pendidikan pun bisa diperoleh dalam genggaman tangan melalui gadget. Hal itu pula yang dilakukan Universita­s Terbuka (UT) sebagai cyber university.

Wakil Rektor IV UT Moh Muzammil menyatakan, teknologi digital bisa membantu pembelajar­an secara masif. Itu sudah menjadi tren. Kini UT mulai mengembang­kan pembelajar­an dengan sistem Android. Seluruh modul pembelajar­an dan tutorial online bisa di-download secara gratis. ’’Ujian pun sekarang bisa menggunaka­n smartphone. Pengawasny­a juga online,” tuturnya.

Sistem tersebut pun sangat efisien untuk diterapkan pada ujian seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri (SBM PTN). Kementeria­n Riset, Teknologi, dan Perguruan Tinggi (Kemenriste­kdikti) juga telah mengarahka­n penggunaan gadget dalam ujian SBM PTN. ’’Sistem smartphone di UT akan menjadi rujukan untuk PTN dan PTS di Indonesia,’’ ucapnya.

 ?? NASIR/IT JAWA POS ?? TAMU REDAKSI: Dari kiri, Direktur Jawa Pos Koran Ivan Firdaus, Kepala UPBJJ UT Surabaya Teguh Prakoso, Pemred Nurwahid, dan Muzammil di Graha Pena Surabaya kemarin.
NASIR/IT JAWA POS TAMU REDAKSI: Dari kiri, Direktur Jawa Pos Koran Ivan Firdaus, Kepala UPBJJ UT Surabaya Teguh Prakoso, Pemred Nurwahid, dan Muzammil di Graha Pena Surabaya kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia