Jawa Pos

Jadi Perkantora­n, Percantik Cagar Budaya

-

SURABAYA – Wajah gedung peninggala­n Belanda di Jalan Veteran Nomor 6–8, Krembangan, semakin kinclong. Upaya untuk mempercant­ik digencarka­n setelah bangunan kuno dimanfaatk­an sebagai kantor SKK Migas Perwakilan Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara (Jabanusa).

Kemarin (22/3) sejumlah pekerja tampak merampungk­an proyek pemugaran. Mereka membersihk­an beberapa titik dinding bangunan. Sebagian pekerja melakukan pengecatan ulang. Ada yang mengganti keramik. ’’Kami memang tidak bisa mengubah bentuknya. Namun, ada upaya mempercant­ik,’’ ujar Humas SKK Migas Perwakilan Jabanusa Amni Nadya.

Amni menyebutka­n, warna cokelat masih menjadi andalan. Warna tersebut menguatkan kesan klasik pada bangunan. Selain itu, ada putih dominan pada bagian pintu. Tidak ada penambahan banyak ornamen di sekitar cagar budaya. Selain mengecat ulang, pihaknya memasang sedikit batu pualam sebagai hiasan.

Menurut Amni, bangunan tersebut sebelumnya kosong. Aset Pertamina itu lantas dipakai sebagai kantor SKK Migas Jabanusa sejak Januari 2018. Sebelumnya, perwakilan satuan kerja khusus tersebut menempati gedung di Jalan Panglima Sudirman.

Saat ini cagar budaya tersebut tidak hanya dipakai untuk pusat administra­si atau pengendali aktivitas perusahaan. Bangunan tua itu juga memiliki ruang rapat. Kapasitasn­ya di atas seratus orang. ’’Dengan memakainya sebagai kantor, kami berharap tamu perusahaan lebih nyaman dan berkesan,’’ tutur Amni.

 ?? AHMAD KHUSAINI/JAWA POS ?? MAKIN KINCLONG: Pekerja memasang keramik di luar gedung peninggala­n Belanda di Jalan Veteran Nomor 6–8, Krembangan, kemarin.
AHMAD KHUSAINI/JAWA POS MAKIN KINCLONG: Pekerja memasang keramik di luar gedung peninggala­n Belanda di Jalan Veteran Nomor 6–8, Krembangan, kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia