Jawa Pos

ORI Difteri Sudah Capai 92 Persen

-

SIDOARJO – Target outbreak response immunizati­on (ORI) difteri sebesar 90 persen hingga minggu ketiga yang ditetapkan Dinas Kesehatan (Dinkes) Sidoarjo telah terlampaui. Berdasar data terakhir, vaksinasi sudah mencapai 92,86 persen sasaran.

Jumlah tersebut dipastikan terus bertambah. Sebab, masih ada rencana vaksinasi masal di sekolahsek­olah. Selain itu, pihak dinkes melaksanak­an sweeping terhadap sasaran yang belum tervaksin. Hingga akhir bulan, warga berusia 1–19 tahun juga masih bisa memperoleh vaksin di puskesmas terdekat.

”Semoga akhir bulan nanti bisa mencapai 100 persen,” kata Kepala Bidang Pencegahan dan Penanggula­ngan Penyakit Dinkes Sidoarjo dr M. Atho’illah. Dinkes berfokus pada sasaran remaja. Sebab, sampai saat ini, di antara mereka yang berusia belasan tahun, masih cukup banyak yang belum tervaksin.

Vaksinasi ORI difteri gelombang pertama bakal berakhir bulan ini. Selanjutny­a, dilakukan vaksinasi gelombang kedua yang berlangsun­g Juli mendatang. Diharapkan, warga yang termasuk sasaran mendapat vaksin secara sempurna. Lengkap sebanyak tiga kali. ”Yang sudah divaksin sekarang, nanti ikut lagi,” kata Atho’illah.

Sebagaiman­a diketahui, sasaran vaksinasi ORI difteri kali ini mengalami perubahan. Awalnya, sasaran sebanyak 636.986 anak. Jumlah tersebut diubah. Sasaran Pusdatin sebanyak 626.896 anak. Sedangkan sasaran riil terbaru mencapai 627.733 anak.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia