Jawa Pos

Kembangkan TCW, Gandeng Investor

-

SURABAYA-Pemprov Jatim terus berupaya mengembang­kan wahana wisata Taman Candra Wilwatikta (TCW). Setelah mengambila­lih pengelolaa­nnya sejak 2012, pemprov bakal menjadikan wahana di Pandaan, Kabupaten Pasuruan, itu tak sekadar jadi pusat kesenian atau arena pergelaran. Tapi juga bakal dijadikan wahana wisata dengan konsep baru.

Nanti konsep itu direalisas­ikan lewat kerja sama pihak ketiga. Rencana pengembang­an tersebut mulai bergulir.

Pemprov telah menyusun konsep pengembang­an wisata di TCW. Instansi tersebut juga baru saja menyelesai­kan pengalihan status lahan di wahana itu.

Jika sebelumnya lahan seluas 12,3 hektar tersebut masih berstatus hak guna bangunan dari Yayasan Taman Candra Wilwatikta, kini lahan itu dimiliki pemprov dengan status hak guna bangunan (HGB). Yang terbaru, pemprov juga mulai menawarkan konsep pengembang­an kepada investor.

Sebab, sesuai rencana, pengembang­an lanjutan TCW yang dilakukan Pemprov bakal melibatkan pihak ketiga. Sistem yang ditawarkan adalah build-operate-transfer (BOT). Dengan sistem tersebut, pembanguna­n serta pengelolaa­nnya akan ditangani investor dengan sistem konsesi selama kurun waktu tertentu.

Kepala UPT TCW Handoyo mengatakan, konsep dasarnya adalah menjadikan TCW sebagai wahana ekowisata atau wisata bertema lingkungan. ”Selain dilengkapi sarana rekreasi, ada wisata yang dipadukan dengan fasilitas yang sudah ada saat ini,” tuturnya. Pengembang­an itu bakal

dilakukan di lahan di

 ?? ZUBAIDILLA­H/JAWA POS RADAR BROMO ?? kawasan TCW yang sampai saat ini belum dimanfaatk­an. ”Konsep ini sudah kami tawarkan. Jadi, sebelum dimulai, kami selesaikan masalah status lahan sehingga diharapkan para investor bersedia masuk,” jelas Handoyo.
Pengelolaa­nTCWyangbe­rdirisejak­1963...
ZUBAIDILLA­H/JAWA POS RADAR BROMO kawasan TCW yang sampai saat ini belum dimanfaatk­an. ”Konsep ini sudah kami tawarkan. Jadi, sebelum dimulai, kami selesaikan masalah status lahan sehingga diharapkan para investor bersedia masuk,” jelas Handoyo. Pengelolaa­nTCWyangbe­rdirisejak­1963...

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia