Jawa Pos

Destinasi Favorit Wisatawan Muda

-

SURABAYA – Jawa Timur (Jatim) terbukti cukup menarik bagi para wisatawan yang melakukan solo traveling. Khususnya wisatawan mancanegar­a (wisman). Tidak sedikit wisman yang melakukan perjalanan mandiri ke berbagai destinasi wisata di Jatim. Kondisi tersebut menjadi peluang besar bagi para pengelola destinasi wisata.

Data Dinas Pariwisata Jatim yang diperoleh kemarin (23/3) menunjukka­n, sepanjang 2017 wisman yang berwisata di Jatim tercatat sebanyak 625.729 orang. Dari jumlah itu, 39,4 persen berwisata sendiri. Sedangkan 35 persen berwisata bersama kawan dan sisanya (25,6 persen) berwisata bersama keluarga atau kerabat.

Kemudian, dari sisi usia, lebih dari separo wisman yang berwisata di Jatim merupakan wisatawan muda (di bawah 44 tahun). Persentase­nya mencapai 57 persen. Selain itu, 42 persen wisman di Jatim mengaku baru kali pertama masuk ke provinsi paling timur Pulau Jawa tersebut. Yang diincar adalah lokasi-lokasi wisata, juga event atau festival.

Kemudian, rata-rata wisman di Jatim tinggal cukup lama, sedikitnya enam hari, dengan pengeluara­n ratarata USD 830 atau Rp 11,4 juta dalam sekali kunjungan. Yang menggembir­akan, para wisman mengaku ingin kembali ke Jatim bila berkunjung lagi ke Indonesia. Persentase­nya mencapai 71,8 persen.

Kadisbudpa­r Jarianto menjelaska­n, pihaknya berupaya menangkap peluang tersebut dengan memaksimal­kan potensi yang ada. ”Destinasi wisata di Jatim ada 784. Kira-kira paling banyak destinasin­ya di Indonesia,” terangnya.

 ?? BAYU/JAWA POS ?? TANGKAP PELUANG: Kadisbudpa­r Jatim Jarianto.
BAYU/JAWA POS TANGKAP PELUANG: Kadisbudpa­r Jatim Jarianto.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia