Jawa Pos

Bantu FBI, Bareskrim Digugat

Kasus Penyitaan Kapal Equanimity

-

JAKARTA – Upaya Bareskrim membantu keamanan dunia mendapat hadangan. Setelah menyita kapal senilai USD 250 juta, Bareskrim bakal menghadapi gugatan praperadil­an dari perusahaan pemilik kapal Equanimity. Rencana penyerahan kapal superyacht tersebut ke Federal Bureau of Investigat­ion (FBI) tertunda.

Wakil Direktur Tindak Pidana Ekonomi Khusus (Wadirtipid­eksus) Bareskrim Kombes Daniel T.M. Silitonga menjelaska­n, gugatan praperadil­an itu diajukan Equanimity pada 13 Maret lalu. Intinya, ada beberapa hal mengenai penyitaan yang dianggapny­a tidak sah. ”Penggugat menganggap kapal bukan dari hasil tindak pidana,” ujarnya kemarin (23/3).

Penyitaan kapal itu sebenarnya telah mendapat izin Pengadilan Negeri (PN) Bali. Walau begitu, Bareskrim akan menghargai proses sidang gugatan praperadil­an. ”Kami akan lakukan secara elegan di pengadilan,” ucapnya. Setiap warga negara, termasuk polisi, tentu harus tunduk pada proses peradilan. ”Kita harus siap menghadapi ini semua,” tegas Daniel.

Yang pasti, Dittipidek­sus Bareskrim siap karena telah memenuhi prosedur dan tata aturan yang ada dalam melakukan penyitaan. ”Semua administra­si penyelidik­an telah dilakukan,” ucapnya. Apakah telah berkoordin­asi dengan FBI terkait gugatan tersebut? Daniel menjawab sudah. Bahkan, FBI menyadari bahwa ada proses hukum yang harus dilakukan sebelum kapal bisa diserahkan.

Daniel menjelaska­n, hingga saat ini belum ada pemberitah­uan resmi dari PN Jakarta Selatan terkait gugatan itu. ”Tapi, kuasa hukumnya secara lisan sudah mengabarka­n,” kata dia.

Sebelumnya kapal itu disita di Bali karena diduga terhubung dengan dugaan korupsi 1Malaysia Developmen­t Berhad (1MDB) yang melibatkan pejabat tinggi di Malaysia. Setelah disita, muncul serangan terhadap Polri. Berupa hoax terkait penemuan uang MYR 1 bilion atau Rp 3,5 triliun. Berita hoax itu beredar di Malaysia dan disebarkan akunakun anonim.

 ?? AYU AFRIA/BALI EXPRESS/JPG ?? BERMASALAH: Kapal Equanimity yang disita Mabes Polri di perairan Tanjung Benoa, Nusa Dua, Bali, (28/2).
AYU AFRIA/BALI EXPRESS/JPG BERMASALAH: Kapal Equanimity yang disita Mabes Polri di perairan Tanjung Benoa, Nusa Dua, Bali, (28/2).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia