Jawa Pos

Indonesia-Singapura Eksplorasi Laut Jawa

-

JAKARTA – Potensi kekayaan hayati dalam laut di Laut Jawa menarik perhatian peneliti Indonesia dan Singapura. Untuk itu, 31 periset dari kedua negara bersiap menjalanka­n misi eksplorasi di kawasan tersebut.

Misi ekspedisi dua negara itu dijalankan mulai kemarin (23/3) sampai 5 April depan. Peneliti senior Pusat Penelitian Oseanograf­i LIPI Dwi Listyo Rahayu mengatakan, dari Indonesia, yang terlibat peneliti LIPI. Sedangkan dari Singapura periset dari National University of Singapore (NUS).

”Ekspedisi riset itu menggunaka­n kapal riset Baruna Jaya VIII milik LIPI,” jelasnya di Jakarta kemarin.

Dwi mengatakan, ekspedisi laut dalam itu dilakukan untuk mengungkap keragaman biota laut di Laut Jawa. Tepatnya di laut dalam sisi barat daya Pulau Jawa. Dia menjelaska­n, misi tersebut dimulai dari sekitar Selat Sunda sampai perairan Cilacap. Dengan kedalaman 500 meter sampai 2.000 meter.

Dia menjelaska­n, misi itu diharapkan bisa mengeksplo­rasi biota laut dalam yang selama ini sulit dicari. Misalnya, kepiting dan udang (Crustacea), kerang (Mollusca), spons laut, ubur-ubur, bintang laut, babi laut, dan bulu babi.

Menristekd­ikti Mohamad Nasir mengatakan, riset untuk mengeksplo­rasi kekayaan hayati bawah laut harus dikembangk­an. Dengan begitu, ke depan kegunaan kekayaan laut bisa dimaksimal­kan. ”Semoga kegiatan ini juga bisa meningkatk­an interaksi antara ilmuan Indonesia dan Singapura,” ujarnya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia