Jawa Pos

NOMOR PRESTISIUS UNTUK DONATELLO

-

SAINT-DENIS – Setahun lalu Kylian Mbappe melakoni debut bersama timnas Prancis. Dalam usia 18 tahun 95 hari, Mbappe turun 12 menit terakhir kala Les Bleus menang 3-1 di kandang Luksemburg dalam kualifikas­i Piala Dunia 2018. Mbappe hanya kalah 34 hari dari Maryan Wisnieski (pada 1955) sebagai pemain termuda yang menjalani debut bersama Les Bleus.

Kini catatan spesial kembali diukir striker Paris Saint-Germain (PSG) tersebut. Entraineur Prancis Didier Deschamps memberinya nomor punggung 10. Pemberian nomor prestisius itu seolah sinyal bahwa Deschamps menggarans­i satu tempat untuk Mbappe di Piala Dunia 2018, Piala Dunia pertamanya.

Juga asa dari Deschamps untuk memutus rantai pemain medioker yang mengenakan nomor 10 di skuad Les Bleus setelah era Zinedine Zidane pada Piala Dunia 2006. Pasca Zidane, ada delapan pemain yang memakai nomor itu.

Sebut saja Sidney Govou di Euro 2008 dan Piala Dunia 2010. Atau Andre-Pierre Gignac di Euro 2016. Di sisi lain, Karim Benzema sebagai pemilik nomor 10 Les Blues dalam Euro 2012 dan Piala Dunia 2014 juga tampil melempem. ’’Dia pantas mengenakan­nya (nomor 10, Red). Dia (seperti) Michel Platini kami, Zinedine Zidane kami,’’ puji penyerang Prancis ketika juara Piala Dunia 1998 Christophe Dugarry kepada Goal kemarin (23/3).

Bagaimana respons Mbappe? Kepada Four Four

Two, dengan apresiasi yang diterimany­a di Les Blues. ’’Apakah saya merasa tertekan karena pergi ke Piala Dunia dengan nomor 10? Tidak sama sekali,’’ ucap striker dengan sepuluh caps dan satu gol itu. ’’Bagi saya, sepak bola tentang kesenangan,’’ imbuh pemain kelahiran Paris tersebut. Sebelum mengenakan nomor 10, Mbappe mengawali karirnya di Les Bleus dengan nomor 20 lalu berganti nomor 12.

 ??  ??
 ??  ?? striker yang punya julukan Donatello di PSG tersebut sulit percaya
striker yang punya julukan Donatello di PSG tersebut sulit percaya
 ??  ??
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia