Jawa Pos

PIALA DUNIA Gagal Membela Maroko

-

HARAPAN timnas Maroko untuk menyertaka­n Munir El Haddadi ke Piala Dunia 2018 kandas. Sebab, FIFA menolak rencana Maroko untuk mengganti kewarganeg­araan striker Barcelona itu. Perlu diketahui, Maroko merupakan negara kelahiran ayah kandung Munir, Mohamed El Haddadi Arbrqui. Jadi, Munir juga memiliki darah Maroko.

Persoalann­ya, pemain 22 tahun itu sudah mengoleksi satu caps bersama timnas Spanyol. Dia sempat tampil bersama La Furia Roja di kualifikas­i Euro 2016 saat melawan Makedonia (8/9/2014). FIFA memang melarang setiap pemain yang telah bermain untuk satu timnas senior di event resmi untuk membela timnas negara lain. Ironisnya, Maroko yang lolos ke Piala Dunia untuk kali pertama sejak 1998 akan menghadapi Spanyol, Portugal, dan Iran di grup B.

’’Permintaan dari FRMF (Federasi Sepak Bola Maroko) dan sang pemain untuk pergantian status timnas ditolak Biro Status Komite Pemain,’’ kata juru bicara FIFA kepada ESPN.

Bukan hanya pihak Maroko yang kecewa. Vicente Del Bosque yang memberikan caps buat Munir saat masih menangani timnas Spanyol ikut menyesal. ’’Saya pikir, dia harus bermain untuk Maroko. Namun, kami harus melihat penyebab dia terpilih ke dalam skuad Spanyol saat itu karena ada pemain yang cedera,’’ ucapnya.

 ?? ADRIAN RUIZ DE HIERRO/EPA ??
ADRIAN RUIZ DE HIERRO/EPA

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia