Jawa Pos

Jangan Mudah Kehilangan Bola

-

JAKARTA – Para penggawa timnas U-19 bersiap menjamu timnas Jepang U-19 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) besok. Pada latihan hari kedua di lapangan A, Senayan, Jakarta, kemarin (23/3), Rachmat Irianto dkk melahap menu bertahan dan serangan balik.

’’Kami fokus bagaimana organisasi bertahan, compact defend secara baik,’’ kata pelatih timnas U-19 Bima Sakti kepada Jawa Pos. Dia telah mempelajar­i permainan timnas U-19 saat beruji coba dengan Cilegon United dua hari lalu (22/3). Karena lawan punya kualitas bagus, Bima menginstru­ksi timnya untuk tidak meladeni permainan terbuka.

Tidak sekadar bertahan, timnas U-19 juga harus jeli melakukan serangan balik. Syahrian Abimanyu, M. Iqbal, dan Witan Sulaiman yang beroperasi di lini tengah menjadi tembok pertama untuk mengantisi­pasi pressing lawan. Sementara itu, bek tengah Rachmat Irianto dan Kadek Raditya harus mencari celah untuk mengirimka­n umpan-umpan akurat ke barisan sayap.

Bima memuji kerja keras para pemain. Walau digeber latihan tensi tinggi dua hari berturut-turut, fisik mereka tetap optimal. ’’Ini juga latihan agar terbiasa dengan tensi tinggi dari lawan dalam pertanding­an resmi,’’ kata mantan kapten timnas Indonesia itu.

Gelandang timnas U-19 Witan Sulaiman mengatakan, pelatih meminta pemain tidak gampang kehilangan bola. Terutama ketika di daerah pertahanan sendiri. ’’Kami juga diminta untuk bisa keluar dari pressing lawan,’’ ucapnya.

Target yang dicanangka­n pelatih saat melawan Jepang memang tidak main-main. Yakni, harus menang. Menurut Witan, kemenangan sangat penting untuk mendongkra­k semangat timnas U-19 menuju ajang Piala AFC pada Oktober mendatang.

Latihan kemarin juga dipantau pelatih timnas U-23 Luis Milla. Pelatih asal Spanyol itu secara khusus memberikan materi kepada Saddil Ramdani. Pemain Persela Lamongan itu disorot karena tampil kurang maksimal saat membela timnas U-23 pada laga uji coba melawan Singapura (21/3).

’’Dia (Saddil, Red) kan dimainkan, tapi banyak kehilangan bola,’’ kata Bima. ’’Saddil jangan sampai kehilangan momentum. Ketika wing back maju, dia harus punya opsi mengumpan ke tengah, atau benar-benar bisa menusuk ke dalam. Coach Luis Milla memberikan pesan itu,’’ terangnya.

 ?? CHANDRA SATWIKA/JAWA POS ?? KERJA KERAS: Kapten timnas U-19 Rachmat Irianto saat berlatih di lapangan A, Senayan, kemarin.
CHANDRA SATWIKA/JAWA POS KERJA KERAS: Kapten timnas U-19 Rachmat Irianto saat berlatih di lapangan A, Senayan, kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia