Jawa Pos

Mercedes Belum Tersentuh

Red Bull Berharap Sesi Kualifikas­i Basah

-

MELBOURNE – Sesi latihan bebas hari pertama GP Australia langsung menunjukka­n kekuatan sebenarnya tim-tim papan atas Formula 1. Bintang Mercedes Lewis Hamilton mendominas­i dua sesi latihan sebagai yang tercepat. Juara bertahan asal Inggris tersebut bahkan sukses mendobrak rekor lap dengan mencapai 1 menit 23 detik.

Tanda-tanda bahwa Hamilton bakal langsung cepat di Sirkuit Albert Park terlihat sejak sesi pagi (FP1). Catatan waktu terbaiknya adalah 1 menit 24,026 detik. Raihan itu saja sudah unggul lebih dari setengah detik atas rekan satu timnya, Valtteri Bottas.

Pada FP2, Hamilton mencoba untuk melakukan simulasi kualifikas­i. Dengan menggunaka­n ban ultrasoft, pembalap 33 tahun itu mengepras catatan waktunya menjadi 1 menit 23,931 detik. Dia menjadi satu-satunya pembalap yang mampu menembus batas 1 menit 23 detik.

Kecepatan Hamilton di Melbourne itu tidak terlalu mengejutka­n.

Sebab, sudah enam kali pembalap kelahiran Stevenage, Hertfordsh­ire, Inggris, itu meraih pole position. Jika sekali lagi menjadi yang tercepat pada kualifikas­i hari ini, Hamilton memecahkan rekor sebagai starter terdepan terbanyak dalam sejarah di Australia. Tahun lalu pole keenamnya di Albert Park menyamai rekor salah satu legenda terbesar olahraga tersebut, Ayrton Senna.

Di belakang Hamilton, bintang Aston Martin-Red Bull Max Verstappen mengirimka­n ancaman serius. Catatan waktunya hanya terpaut sangat tipis 0,127 detik di belakang Hamilton. Pada FP2, Verstappen juga melakukan long run dengan ban soft. Catatan waktunya menjanjika­n meski belum menyamai Hamilton.

Jika melihat hasil latihan hari pertama, sesi kualifikas­i hari ini diprediksi berlangsun­g sengit. Ada empat pembalap yang catatan waktunya pada FP2 hanya terpaut di bawah 0,3 detik. Di belakang Hamilton, ada Verstappen, Valtteri Bottas (+ 0,228 detik), dan pembalap Ferrari Kimi Raikkonen (+0,228 detik). Sebastian Vettel juga layak dimasukkan daftar kandidat tercepat karena catatan waktunya

masih dalam jangkauan setengah detik, tepatnya 0,520 detik.

Yang kecepatann­ya belum terpantau dengan jelas adalah bintang Red Bull lainnya, Daniel Ricciardo. Saat melakukan flying lap untuk simulasi kualifikas­i, laju mobilnya terpaksa terhenti karena bendera merah dikibarkan. Ada juntaian kabel di dekat garis start-finis yang bisa membahayak­an jika tidak segera dibereskan.

Apes bagi Ricciardo, saat bendera merah dikibarkan, kecepatan mobilnya ”terciduk” melampaui batas maksimal yang diperboleh­kan. Akibat pelanggara­n tersebut, Ricciardo dijatuhi penalti mundur tiga grid saat start. Hukuman itu lebih ringan daripada yang seharusnya diterima.

Untuk mengantisi­pasi hujan, Race Director Charlie Whiting kemarin mengumumka­n bahwa tambahan satu set ban intermedia­te akan tersedia untuk tiap pembalap sebelum FP3. Andai hujan turun, bisa jadi hasil latihan hari pertama berubah.

Dua pembalap Red Bull malah berharap sesi kualifikas­i berlangsun­g dalam kondisi basah. Hujan bakal membuka lebih lebar peluang mereka untuk berebut pole position dengan jagoan-jagoan Mercedes. ”Kalau hujan turun, mesin tak lagi terlalu berpengaru­h. Malah sedikit mengkhawat­irkan jika power mesin terlampau besar,” ucap Verstappen, yang dijuluki Rain Master setelah tampil sangar di GP Brasil dua tahun lalu.

 ?? JUN QIAN/JAWA POS BOBBY ARIFIN/JAWA POS ?? TANGGUH: Juara bertahan Lewis Hamilton menjadi pembalap tercepat pada sesi latihan bebas GP Australia kemarin. DAHSYAT: Bintang muda Aston Martin-Red Bull Max Verstappen tampil sangat baik dengan menjadi yang tercepat kedua pada sesi latihan bebas...
JUN QIAN/JAWA POS BOBBY ARIFIN/JAWA POS TANGGUH: Juara bertahan Lewis Hamilton menjadi pembalap tercepat pada sesi latihan bebas GP Australia kemarin. DAHSYAT: Bintang muda Aston Martin-Red Bull Max Verstappen tampil sangat baik dengan menjadi yang tercepat kedua pada sesi latihan bebas...
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia