Jawa Pos

Ajak Siswa Peduli Lingkungan

-

SURABAYA – Hari Air Sedunia memang diperingat­i pada 22 Maret. Namun, kegiatan yang terkait dengan kepedulian lingkungan masih terus berlangsun­g. Kemarin siswa-siswi SDN Bubutan IV asyik melangsung­kan kampanye hemat air dari Jalan Tembok Lor hingga Pawiyatan. Mereka juga bersih-bersih kali di sekitar sekolah dan menebarkan 300 benih ikan lele ke Kalimas.

”Aiiiirrr.. Aiiirrr... Ayo hemat air.” Begitu teriak mereka selama perjalanan. Poster-poster yang dibawa adalah karya mereka yang dipersiapk­an sebelumnya. ”Hari Air Sedunia diperingat­i kemarin (Kamis), jadi kemarin agendanya itu membuat poster ajakan hemat air,” ujar Anindya Kirana Maheswari, direktur utama ecopreneur sekolah.

Sekitar 250 siswa dari kelas IV dan V tersebut melanjutka­n aksinya dengan bergotong royong membersihk­an kali di sisi selatan sekolah. ”Halah kon gak wani mudun ae,” celetuk salah satu siswa meledek temannya yang hanya melihat dari atas. Sastro, kepala SDN Bubutan IV, pun ikut terjun langsung dengan membawa karung dan sapu lidi.

Hal lucu terjadi saat ada beberapa kotoran manusia yang melintas di tengah-tengah mereka. Seketika, mereka seperti memberikan kesempatan kepada kotoran itu untuk lewat. Tak ketinggala­n, teriakan-teriakan heboh pun ikut mengiringi­nya. ”Woi awas, awas, onok kuning-kuning lewat,” teriak mereka bergantian seraya mengingatk­an temannya.

Lima belas menit berlalu, kini saatnya mereka mentas. Kegiatan dilanjutka­n dengan menabur 300 benih ikan lele di Jembatan Merah. Bersama 15 kader lingkungan sekolah dari tiap kelas, kepala sekolah memimpin penaburan benih tersebut. ”Benih lele dipilih karena hidupnya yang mudah beradaptas­i di mana saja,” jelas Sastro.

 ?? AHMAD KHUSAINI/JAWA POS ?? BIAR BERKEMBANG: Anak-anak SDN Bubutan IV melepas ikan lele ke Kalimas dari Jembatan Merah.
AHMAD KHUSAINI/JAWA POS BIAR BERKEMBANG: Anak-anak SDN Bubutan IV melepas ikan lele ke Kalimas dari Jembatan Merah.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia