Jawa Pos

Hadang Taksi Online, Dua Pria Minta Uang

-

SIDOARJO – Aris Yudiono menyesali tindakan tidak terpujinya. Gara-gara memeras sopir taksi online, dia kini harus mendekam di penjara. Aksi pemerasan tersebut terungkap setelah viral di media sosial (medsos). Perekam video itu adalah Filia Risning Suraya, 29, seorang penumpang taksi online yang menjadi korban pemerasan. Tidak lama, polisi pun berhasil membekuk pelaku.

Kasus pemerasan tersebut terjadi pada Rabu (21/3). Saat itu Filia memesan taksi online.

Namun, dia tidak menunggu di halte seberang pintu masuk Terminal Purabaya, Waru, seperti penumpang transporta­si online

biasanya. Perempuan asal Jatiroto, Tuban, tersebut memilih menunggu di minimarket tidak jauh dari halte.

Begitu mobil pesanannya datang, mereka tidak bisa langsung berangkat. Sebab, sopir taksi online dihadang dua pria. Mereka mau meminta denda. Dalihnya, sopir tidak menjemput penumpang di tempat yang sudah ditentukan. ’’Barang yang diminta adalah satu slof rokok,’’ tutur Kapolresta Sidoarjo Kombespol Himawan Bayu Aji.

Filia pun merasa iba kepada sopir taksi online tersebut. Dia pun berinisiat­if membelikan rokok permintaan pelaku. Di sela-sela penyerahan itulah, dia mempertany­akan denda yang dimaksud pelaku. Aris dan Z, pelaku yang masih buron, menyebutka­n bahwa peraturan penjemputa­n itu dibuat oleh anggota Polresta Sidoarjo.

Nah, Filia yang membawa smartphone diam-diam merekam penjelasan para pelaku. Lalu, video tersebut diunggah ke Facebook. Himawan menyatakan, pihaknya langsung merespons video itu dengan melakukan penyelidik­an internal. Hasilnya, pengakuan pelaku adalah fitnah. Dia mengungkap­kan bahwa Aris dan temannya hanya menjadikan­nya sebagai tameng agar bisa melakukan pemerasan.

’’Modusnya, memberi denda kepada sopir transporta­si online dengan meminta sesuatu untuk kepentinga­n pribadi,’’ ucapnya.

 ?? BOY SLAMET/JAWA POS ?? BERKAT CURHAT DI MEDSOS: Aris Yudiono, tersangka pemerasan taksi online, meminta maaf kepada Filia Risning Suraya, korban, saat gelar perkara di Mapolresta Sidoarjo kemarin.
BOY SLAMET/JAWA POS BERKAT CURHAT DI MEDSOS: Aris Yudiono, tersangka pemerasan taksi online, meminta maaf kepada Filia Risning Suraya, korban, saat gelar perkara di Mapolresta Sidoarjo kemarin.
 ?? EDI SUDRAJAT/JAWA POS ?? KELILING LIMA TEMPAT: Kombespol Himawan Bayu Aji (depan) dan Letkol Inf Fadli Mulyono (dua dari kanan) berpatroli untuk memeriksa persiapan pilkades pada Kamis malam (22/3).
EDI SUDRAJAT/JAWA POS KELILING LIMA TEMPAT: Kombespol Himawan Bayu Aji (depan) dan Letkol Inf Fadli Mulyono (dua dari kanan) berpatroli untuk memeriksa persiapan pilkades pada Kamis malam (22/3).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia