Jawa Pos

Patroli Bermotor Jelang Pilkades

-

SIDOARJO – Kota Delta punya

besar besok (25/3). Yakni, pemilihan kepala desa (pilkades) serentak di 70 desa. Berbagai persiapan pun dilakukan agar pesta demokrasi tingkat desa itu bisa berjalan aman dan lancar.

Pada Kamis malam (22/3), misalnya, Polresta Sidoarjo mengadakan patroli skala besar dengan menggunaka­n motor. Jajaran Kodim 1816 Sidoarjo dan Satpol PP Sidoarjo terlibat dalam kegiatan tersebut.

Lima tempat menjadi jujukan patroli yang dilakukan sejak pukul 20.00 tersebut. Mulai Masjid Shalahuddi­n di Perumahan Puri Surya Jaya, Gedangan; Desa Sidokepung, Buduran; Desa Sarirogo, Sidoarjo; Desa Putat, Tanggulang­in; sampai Desa Sidodadi, Candi. ’’Dalam rangka pengecekan pengamanan pilkades serentak,’’ ujar Kapolresta Sidoarjo Kombespol Himawan Bayu Aji kemarin (23/3).

Menurut dia, pemantauan itu perlu dilakukan. Penempatan per- sonel di desa yang menyelengg­arakan pilkades dilaksanak­an hari ini (24/3). Di setiap desa, 20 polisi bakal ditempatka­n. Jumlah tersebut belum termasuk personel siaga. ’’Ada 150 anggota Brimob dan 120 dalmas dari Polda Jatim yang stand by,’’ jelasnya. ’’Sejauh ini berjalan baik dan keamanan masih kondusif,’’ lanjutnya.

Himawan menjelaska­n, pengamanan pilkades serentak bakal dibagi dalam dua opsi. Pertama adalah pengamanan statis. Yaitu, menempatka­n personel di tempat pemungutan suara (TPS) dan rumah calon kepala desa. Nah, pengamanan lainnya adalah berpatroli secara mobile. ’’Kami sudah siap mengamanka­n pilkades serentak,’’ tegasnya.

Dandim 0816 Sidoarjo Letkol Inf Fadli Mulyono menambahka­n, pihaknya bakal mengerahka­n lima prajurit ke setiap desa yang memilih pimpinanny­a. ’’Di markas komando, ada 46 anggota yang siap merespons sinyal rawan,’’ terangnya.

 ?? FIRMA ZUHDI/JAWA POS ?? TAK MENYANGKA: Rori Susanto dan Widya Astuti bersama Mochammad Rexa Abdi Nadhroh.
FIRMA ZUHDI/JAWA POS TAK MENYANGKA: Rori Susanto dan Widya Astuti bersama Mochammad Rexa Abdi Nadhroh.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia