Jawa Pos

Ijen Dipantau 24 Jam Nonstop

-

KONDISI terkini kawah Gunung Ijen yang sempat menyemburk­an gas beracun dan menimbulka­n korban di wilayah Bondowoso membuat jajaran Badan Penanggula­ngan Bencana Daerah (BPBD) Banyuwangi terus melakukan pemantauan. Tidak tanggungta­nggung, kawah gunung berapi tersebut dipantau nonstop selama 24 jam dari CCTV maupun pantauan langsung petugas pengamatan gunung api (PPGA) dan satuan pendukung lainnya.

Hasil pantauan wartawan Jawa Pos Radar Banyuwangi di kantor Pusdalops BPBD Banyuwangi kemarin (24/3), petugas tampak melakukan koordinasi dengan sejumlah pihak mengenai keadaan Gunung Ijen.

Nanang Hariyadi –staf kedarurata­n BPBD– menyatakan, pihaknya secara bergantian melakukan monitoring dan selalu berkoordin­asi dengan petugas di kawasan Ijen. ’’Petugas terus stand by di pos,’’ terangnya.

Hingga kemarin, BPBD Banyuwangi menyatakan, kondisi akibat gas beracun hanya terjadi di wilayah Bondowoso, sedangkan wilayah Banyuwangi aman. Meski demikian, kewaspadaa­n dan kehati-hatian tetap menjadi prioritas. Salah satunya, melakukan imbauan kepada warga untuk tidak berkunjung ke Gunung Ijen. ’’Kami pantau terus, tadi sempat ada yang mau ke sana, lalu kami imbau agar menunda,’’ jelasnya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia