Jawa Pos

Cegah Skimming, BRI Ganti Kartu Nasabah

-

JAKARTA – BRI total memerangi aksi pencurian identitas nasabah melalui kartu alias skimming. Tak hanya menginvest­igasi skimming yang sudah terjadi, bank pelat merah dengan aset terbesar itu menggencar­kan langkah pencegahan atau preventif.

Salah satu caranya adalah mengganti kartu ATM nasabah dari sistem magnetik ke sistem chip secara bertahap. Selain itu, perbankan mengganden­g ahli untuk me-review dan mengevalua­si sistem keamanan.

Corporate Secretary Bank BRI Bambang Tribaroto menjelaska­n, BRI mulai menyebarka­n informasi melalui SMS, layar ATM Bank BRI, serta akun-akun media sosial untuk memberi tahu para nasabah agar mengganti kartu. ”Sudah sejak dua hari yang lalu. Pada akhir pekan ini, unit kerja Bank BRI tetap buka untuk melayani kebutuhan penggantia­n kartu nasabah tanpa dikenakan biaya apa pun,” ujarnya di Jakarta kemarin (24/3).

Tak hanya untuk nasabah yang ada di Jakarta dan sekitarnya, Bambang menegaskan bahwa informasi tersebut telah disebar ke seluruh nasabah di Indonesia. ”Serentak di seluruh kota untuk kartu ATM yang terindikas­i terkena skimming,” tambah Bambang.

Menurut Bambang, hal tersebut dilakukan sebagai upaya preventif Bank BRI untuk mengamanka­n dana nasabah dan proses penggantia­n kartu bagi kartu nasabah yang diduga terindikas­i skimming.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia