Jawa Pos

Hamilton-Vettel Langsung Panas

Mercedes Diduga Gunakan Party Mode

- BOBBY ARIFIN

MELBOURNE – Panas. Bintang Mercedes Lewis Hamilton dan jagoan Ferrari Sebastian Vettel saling serang dalam jumpa pers setelah sesi kualifikas­i GP Australia kemarin. Keduanya berdebat soal dugaan Mercedes menggunaka­n mode mesin khusus untuk kualifikas­i sehingga Hamilton meraih pole position dengan catatan waktu fantastis.

Hamilton membantah tuduhan Vettel. Tetapi, melihat catatan waktu Hamilton, dari Melbourne, Australia

rasanya ada yang ’’aneh’’. Sang juara bertahan tersebut mencatatka­n waktu 1 menit 21,164 detik. Itu rekor baru lap tercepat di Sirkuit Albert Park. Bagi Hamilton, itu pole ketujuh di Melbourne. Menumbangk­an rekor Ayrton Senna (6 kali).

Sejumlah kalangan meyakini ada tombol khusus yang mengubah mode mesin Mercedes menjadi lebih bertenaga. Hamilton memang langsung berada di posisi pole setelah run pertamanya pada sesi kualifikas­i tiga (Q3). Tetapi, keunggulan­nya masih ada dalam jangkauan Vettel dan bintang Red Bull Max Verstappen. Keduanya hanya terpaut sepersepul­uh detik.

Kondisi itu berubah drastis pada lap terakhir. Hamilton memangkas catatan waktunya hingga 0,9 detik untuk memastikan pole position. Setelah para rivalnya memperbaik­i catatan waktunya, Hamilton tetap unggul jauh 0,664 detik. Jarak yang terlampau lebar untuk sesi kualifikas­i.

Vettel menanyakan secara langsung hal itu kepada Hamilton di hadapan awak media. Emosi Hamilton sempat terpancing. ’’Saya bisa memastikan kami tidak menggunaka­n party mode,’’

katanya. ’’Saya menggunaka­n mode mesin yang sama sejak Q2 (kualifikas­i 2) sampai akhir Q3. Tidak ada mode ekstra, tidak ada tombol ekstra di sana,’’ tegas Hamilton.

Tetapi, Vettel belum puas. ’’Lalu, apa yang kamu lakukan sebelum Q3?’’ tanya Vettel kepada Hamilton. Maksud Vettel ialah mengapa catatan waktu secepat itu tidak bisa dicapai sebelum lap terakhir Q3. Hamilton langsung merespons pertanyaan itu. ’’Saya menunggu waktu yang tepat melakukan lap itu untuk menghapus senyum di wajahmu,’’ ujarnya dengan nuansa bercanda.

Party mode yang dimaksud Vettel adalah setting-an

mesin khusus yang hanya bisa digunakan untuk 2–3 lap. Modusnya, menambahka­n pelumas atau oli ke dalam ruang bakar. Itu menambah power mesin dalam waktu yang terbatas. Cara tersebut tidak bisa dilakukan dalam balapan yang berlangsun­g lama.

Tahun lalu FIA (Federasi Otomotif Dunia) mengubah aturan untuk mengurangi volume oli yang bisa dibakar di ruang bakar. Yakni, hanya 0,6 liter per 100 kilometer. Meski demikian, dalam sesi kualifikas­i, jumlah yang lebih sedikit masih bisa digunakan. Laporan

 ?? BOBBY ARIFIN/JAWA POS ?? UNGGUL JAUH: Pembalap Mercedes Lewis Hamilton mencatat rekor waktu tercepat pada kualifikas­i Grand Prix Australia di Sirkuit Albert Park, Melbourne, kemarin.
BOBBY ARIFIN/JAWA POS UNGGUL JAUH: Pembalap Mercedes Lewis Hamilton mencatat rekor waktu tercepat pada kualifikas­i Grand Prix Australia di Sirkuit Albert Park, Melbourne, kemarin.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia