Jawa Pos

Pasien Bunuh Diri di RSUD dr Soetomo

-

SURABAYA – Seorang pasien di RSUD dr Soetomo ditemukan tewas kemarin pagi (24/3). Pasien bernama Kusniati tersebut diduga melompat dari lantai 3 Ruang Palem, tempat dia dirawat. ”Memang benar ada pasien yang ditemukan meninggal di dekat ruang kandungan,” ujar Direktur RSUD dr Soetomo dr Harsono.

Pasien berusia 46 tahun itu merupakan perempuan asal Sumput, Sidoarjo. Kejadian bermula saat sang suami, Suradi, yang biasanya menunggu di ruang rawat sedang keluar sebentar untuk melaksanak­an salat Subuh

J

Namun, lantaran antrean wudu di musala terlalu panjang, Suradi akhirnya memutuskan untuk kembali ke kamar.

Saat Suradi sedang keluar itulah, pasien diduga mengakhiri hidupnya dengan melompat melalui jendela. ”Ini sebenarnya baru hari keempat pasien dirawat karena tuberkulos­is (TB),” imbuhnya.

Ruang Palem merupakan ruang rawat untuk pasien dengan gangguan paru. Kusniati ditempatka­n di Ruang Palem karena sebelumnya tidak diketahui memiliki riwayat gangguan jiwa. Namun, setelah dua hari dirawat, ternyata pasien menunjukka­n gejala tersebut. Dia pun mendapatka­n perawatan gabungan antara psikiatri dan spesialis paru. ”Ini masih dalam tahap evaluasi dokter sebenarnya. Diagnosis awal hanya TB MDR (multiple drug resistance, Red), ” tambah Harsono.

Diperkirak­an, untuk mencapai jendela itu, pasien naik ke atas wastafel. ”Ini ujian untuk rumah sakit sekaligus menjadi evaluasi. Ke depan dibuatkan ruangan khusus untuk pasien yang memiliki gangguan jiwa dengan penyakit infeksi menular,” imbuhnya.

Pihak keluarga merelakan kepergian Kusniati dan menganggap­nya sebagai kecelakaan.

 ?? MIFTAHUL HAYAT/JAWA POS ?? Muhadjir Effendy
MIFTAHUL HAYAT/JAWA POS Muhadjir Effendy

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia