Jawa Pos

Adu Akurasi 20 Mobil Kimia

-

SURABAYA – Sebanyak 20 tim bertanding pada babak final Indonesia Chem-E-Car Competitio­n (ICECC) di Gedung Pusat Robotika Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) kemarin (24/3). Mereka beradu keakurasia­n mobil berbahan bakar reaksi kimia di race run attempt.

Kegiatan tersebut diadakan Himpunan Mahasiswa Teknik Kimia Fakultas Teknologi Industri (FTI) ITS setiap tahun. Pesertanya pun berasal dari berbagai daerah. Bahkan, ada yang datang dari Bangladesh dan Jepang. ’’Sayangnya, kedua peserta dari luar negeri ini tidak bisa hadir karena terkendala urusan perjalanan,” kata Adya Giwangkara, penanggung jawab ICECC.

Adya mengatakan, sebelumnya ada 34 tim dari berbagai kampus di Indonesia. Setelah melewati beragam proses seleksi, akhirnya terpilih 20 tim terbaik untuk maju ke babak final. Yakni, bertanding di race run attempt.

Dalam babak final, kompetisi race run attempt mengukur performa mobilnya. Tiap-tiap tim dengan mobil ciptaannya harus bisa berhenti sesuai dengan jarak yang ditentukan. ’’Bagaimana mereka memanipula­si reaksi kimia hingga tepat pada jarak yang ditentukan dalam lomba,” katanya.

 ?? DIKA KAWENGIAN/ JAWA POS ?? AYO MELAJU: Salah seorang peserta mengamati mobil rancangann­ya yang melewati lintasan lomba kemarin.
DIKA KAWENGIAN/ JAWA POS AYO MELAJU: Salah seorang peserta mengamati mobil rancangann­ya yang melewati lintasan lomba kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia