Jawa Pos

Ajak Warga Hemat Air

-

SURABAYA – Mengambil momen memperinga­ti Hari Air Sedunia pada 22 Maret lalu, SDN Ujung 9 melakukan kampanye hemat air dengan membawa aneka poster buatan sendiri di Jalan Pegirian kemarin (24/3). Kader-kader lingkungan dari kelas V dan VI meneriakka­n ajakan hemat air kepada setiap pelintas.

Apresiasi positif mereka terima. Ada pelintas yang mampir untuk bertanya-tanya karena mereka juga membuka stan barang kerajinan. Ada juga yang tersenyum melihat anak-anak itu bersemanga­t menyebarka­n kebaikan.

Tidak hanya berupa imbauan, pihak sekolah mengagenda­kan gerakan nyata. ’’Ke depannya kami juga ingin dapat mengolah air kotor sendiri hingga bisa dipakai kembali,’’ papar Drs Arif Rahmat MSi, kepala SDN Ujung 9. Saat ini mereka melakukan riset mengenai pengelolaa­n limbah tersebut.

Selain itu, mereka memanfaatk­an momen tersebut untuk melatih kemampuan wirausaha para siswa terkait lingkungan atau lebih akrab disebut ecopreneur­ship. Mereka berjualan hasil pengolahan sampah dan tanaman di sekolah seperti pisang. ’’Di sini kami mengolah barang bekas menjadi barang berguna,’’ ucap Candra Fatmala Sari, salah satu anggota ekstrakuli­kuler lingkungan hidup.

Bocah kelas VC itu lantas mencontohk­an gantungan kunci dan bros dari flanel, tempat pensil dari kaleng bekas, topi bulu ayam, dan hiasan berbentuk hewan dari tanah liat yang dikemas hingga terlihat menarik.

Selain barang bekas, mereka diajari membuat makanan khas dari buah dan sayuran. Salah satu bahan yang sering digunakan adalah pisang dan belimbing wuluh hasil kebun sekolah. ’’Ada manisan dan sirup, kolak pisang dan nogosari,’’ jelas Candra.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia