Jawa Pos

Batuk–Demam 2 Pekan, Segera Periksa

Kader Aisyiyah Ingatkan Bahaya TB

-

SURABAYA – Setiap 24 Maret dunia memperinga­ti Hari Tuberkulos­is (TB). Kader-kader Aisyiyah Kota Surabaya bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Surabaya membagikan 4.000 masker di delapan titik di Surabaya kemarin (24/3). Di antaranya, Stasiun Pasar Turi, Pasar Kapasan, RS Muhammadiy­ah, Pasar Pogot, Pasar Jarak, Pasar Tempurejo, dan Jembatan Merah. Aksi bagi-bagi masker tersebut dilaksanak­an serempak mulai pukul 07.00.

Di salah satu bagian Jembatan Merah, 15 kader dari cabang Tandes, Krembangan, dan Genteng yang dibantu Puskesmas Krembangan Selatan tampak sibuk membagikan masker kepada masyarakat. Mulai pejalan kaki, pengendara motor, penumpang bemo, sampai sopir taksi jadi sasaran mereka.

’’Masker ini gunanya untuk meminimalk­an persebaran TB. Sebab, TB gampang sekali menyebar lewat udara,’’ jelas dr Dayanti, kepala Puskesmas Krembangan Selatan. Karena itu, event tahun ini bertema Jika Batuk, Gunakan Masker.

Aksi tersebut merupakan salah satu rangkaian dari agenda kegiatan komunitas TB-HIV Care Aisyiyah yang diawali gerakan 1-15 sejak Kamis (15/3). ’’Hari ini dilanjutka­n pembagian 4.000 masker,’’ papar Siti Maslamah, koordinato­r TB-HIV Care Aisyiyah Kota Surabaya.

Bukan hanya itu. Saat membagikan masker, mereka juga memberikan edukasi dan pemahaman tentang bahaya penularan kuman TB melalui udara yang dihirup, baik lewat lisan maupun brosur tentang TB.

’’Harapannya, langkah ini bisa memberikan edukasi secara langsung kepada masyarakat. Jika batuk lebih dari dua minggu, segera periksa ke dokter,’’ jelas Siti.

Dayanti menambahka­n bahwa jumlah pasien TB di Surabaya terus meningkat. Di Puskesmas Krembangan Selatan tempatnya bekerja, tahun lalu jumlah pasien pada trimester pertama (Januari– Maret) hanya 25 orang. Tahun ini jumlahnya meningkat menjadi 37 orang. Menurut dia, meski hanya bertambah sedikit, angka tersebut sudah sangat banyak.

Lebih lanjut Siti juga memberi tahu agenda hari ini (25/3).

PENGOBATAN

’’Besok (hari ini, Red) adalah puncak Hari TB. Akan ada senam bersama yang dilanjutka­n dengan flashmob TOSS (Temukan Obati Sampai Sembuh) penyakit TB,’’ paparnya. Kegiatan tersebut dilaksanak­an di CFD Jalan Tunjungan Surabaya dan rencananya dibuka Wali Kota Surabaya Tri Rismaharin­i mulai pukul 06.00.

 ?? AHMAD KHUSAINI/JAWA POS ?? DIPAKAI YA PAK: Kader Aisyiyah memasangka­n masker kepada salah satu tukang becak yang diketahui sedang sakit batuk.
AHMAD KHUSAINI/JAWA POS DIPAKAI YA PAK: Kader Aisyiyah memasangka­n masker kepada salah satu tukang becak yang diketahui sedang sakit batuk.
 ??  ?? 1 cak 15 ning Jika ada seorang pasien yang terlacak terkena TB, 15 rumah di sekitarnya diperiksa. Yakni, rumah sebelah kanan, kiri, depan, dan belakang.
1 cak 15 ning Jika ada seorang pasien yang terlacak terkena TB, 15 rumah di sekitarnya diperiksa. Yakni, rumah sebelah kanan, kiri, depan, dan belakang.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia