Jawa Pos

Tutup Mata, Bongkar Pasang Senjata

-

SURABAYA – Anggota Kopaska unjuk kebolehan dalam lomba bongkar pasang senjata di BG Junction kemarin (24/3). Lomba tersebut merupakan salah satu rangkaian acara yang diadakan untuk memeriahka­n HUT Ke56 Kopaska.

Sebelum dimulai, Kepala Seksi Intelijen dan Keamanan (Kasi Intelkam) Arafat Sitompul mengumumka­n persyarata­n yang paling dasar. ’’Yang pasti harus membongkar dulu, lalu angkat tangan dan dilanjutka­n dengan perakitan,’’ katanya.

Tidak ada toleransi sedikit pun bagi anggota yang salah merakit. Mereka langsung didiskuali­fikasi. Objeknya pistol keluaran Sig Sauer yang jadi senjata standar tugas hingga bisa dibilang senjata organik yang merupakan teman seharihari para anggota Kopaska.

Benar saja, mereka tidak butuh waktu lama untuk membongkar dan merakit senjata tersebut. Tiap babak hanya berlangsun­g dalam hitungan detik. ’’Ingat harga diri, tidak perlu buruburu, yang tenang. Kalau sampai kalah, malu,’’ ucap Arafat mengingatk­an anggotanya agar tidak sampai kalah.

Hal itu dibenarkan Sekar Rahmad Hadi Mulyono, salah satu peserta yang mengikuti lomba tersebut. ’’Kalau sampai kalah, ya malu, wong senjata ini ibaratnya sudah jadi makanan sehari-hari yang dibongkar pasang saat kita membersihk­annya,’’ jelasnya. Tiap babak hanya berlangsun­g sekitar 15–17 detik.

Pada babak final, tantangan lebih menarik. Peserta harus membongkar dan merakit senjata dengan mata tertutup. Namun, tantangan tersebut bukan perkara yang sulit bagi mereka. Meski dengan mata tertutup, mereka lagi-lagi bisa menyelesai­kannya hanya dalam hitungan detik.

Sekar Rahmad pun keluar sebagai pemenang. ’’Merakit seperti ini pokoknya nggak sampai 20 detik,’’ jelasnya. Anggota Satkopaska Koarmatim Detasemen 1 yang fokus di antiteror tersebut menyatakan, bongkar pasang senjata sebenarnya harus hafal di luar kepala.

 ?? AHMAD KHUSAINI/JAWA POS ?? CERGAS: Anggota Kopaska Serka Rahmad Hadi Mulyono (paling kiri) merakit pistol Sig Sauer dengan mata tertutup dalam menghadapi Bayu Permana di BG Junction Mall kemarin sore (24/3).
AHMAD KHUSAINI/JAWA POS CERGAS: Anggota Kopaska Serka Rahmad Hadi Mulyono (paling kiri) merakit pistol Sig Sauer dengan mata tertutup dalam menghadapi Bayu Permana di BG Junction Mall kemarin sore (24/3).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia