Jawa Pos

Kampanye Pakai Masker, Cegah Penularan TB

-

SURABAYA – Hari Tuberkulos­is (TB) Sedunia diperingat­i dengan bagi-bagi masker kemarin (24/3). Kader Aisyiyah Surabaya bekerja sama dengan RS Muhammadiy­ah, siswa, dan Dinas Kesehatan (Dinkes) Surabaya mengadakan aksi bagi-bagi masker di delapan titik.

Salah satunya di Terminal Joyoboyo. Dimulai pukul 07.00, mereka berkelilin­g di terminal sambil membawa masker. Kader disebar untuk membagikan masker kepada warga. Tidak sekadar memberikan masker, mereka juga menjelaska­n cara menggunaka­nnya dengan benar. Dengan begitu, efektivita­s fungsi masker semakin optimal.

Ketua Majelis Kesehatan Pimpinan Daerah Aisyiyah Surabaya Masriah menjelaska­n, TB merupakan penyakit saluran pernapasan yang disebabkan mycobacter­ium. Infeksi bakteri itu menyebar melalui pembuluh darah dan kelenjar getah bening. Tetapi secara utama menyerang paru-paru. Ia bisa menular ke orang lain. ’’Karena itu, penggunaan masker dirasa sangat penting,’’ tutur Masriah.

Pihaknya mengajak seluruh jajaran untuk terlibat dalam kegiatan sosial tersebut. Dengan begitu, semakin banyak warga yang peduli terhadap kesehatan masing-masing. Kepedulian itu ditunjukka­n dengan melakukan pencegahan sejak awal. ’’Di tempat umum seperti ini, kami juga semakin mudah menyampaik­an informasi kepada masyarakat,’’ ungkapnya.

 ?? DIPTA WAHYU/JAWA POS ?? HARI TB SEDUNIA: Sejumlah kader Aisyiyah Surabaya membagikan masker kepada penumpang dan sopir angkutan umum di Terminal Joyoboyo kemarin.
DIPTA WAHYU/JAWA POS HARI TB SEDUNIA: Sejumlah kader Aisyiyah Surabaya membagikan masker kepada penumpang dan sopir angkutan umum di Terminal Joyoboyo kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia