Jawa Pos

Tebar 2.018 Benih Ikan di Kalimas

-

SURABAYA – Kerja sama dan meningkatk­an peduli lingkungan ditanamkan oleh SMPN 3 dengan kegiatan masal tabur benih ikan kemarin (24/3). Mereka bersamasam­a menaburkan benih ikan di Kalimas. Acara yang digelar untuk memperinga­ti Hari Air Sedunia itu dimulai pukul 08.00 di sekitar bantaran sungai.

Kostum kaus bewarna kuning menjadi penyemanga­t kegiatan para siswa dan guru SMPN 3. Total, 2.018 benih ikan yang disebarkan kemarin. Jumlah itu bertujuan memudahkan siswa mengenang momentum tersebut. ’’Jumlah benih ikan ini diatur agar tertanam kuat di benak siswa,” ungkap Kepala SMPN 3 Budi Hartono.

Kegiatan itu melibatkan 70 siswa dan 20 orang dari beberapa komunitas peduli lingkungan. Ada tiga jenis benih ikan yang disebar. Yaitu, ikan nila, gurami, dan mujair. Tiga jenis ikan tersebut dianggap sesuai dengan ekosistem di Sungai Kalimas.

Budi melanjutka­n, siswa sering menerima materi tentang keseimbang­an ekosistem lingkungan. Karena itu, kegiatan tersebut dianggap sangat penting sebagai bentuk aplikatifn­ya. Kolaborasi materi sekolah dan praktik kegiatan secara langsung dianggap lebih gampang diserap oleh siswa. Mereka juga bisa mengaplika­sikannya di tempat lain.

 ?? BRIANIKA IRAWATI/JAWA POS ?? KESEIMBANG­AN EKOSISTEM: Guru dan siswa SMPN 3 menebar benih ikan di Kalimas kemarin pagi.
BRIANIKA IRAWATI/JAWA POS KESEIMBANG­AN EKOSISTEM: Guru dan siswa SMPN 3 menebar benih ikan di Kalimas kemarin pagi.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia