Jawa Pos

Dirut Garuda Siap Bantu Naik Haji

Beri Nyak Sandang Tiket Pulang ke Aceh

-

JAKARTA – Nyak Sandang kembali mengungkap­kan keinginann­ya untuk menunaikan ibadah haji saat bertemu dengan Dirut PT Garuda Indonesia Tbk Pahala N. Mansury kemarin (25/3).

Pahala bersama beberapa direksi maskapai penerbanga­n pelat merah itu masuk ke ruang perawatan Nyak Sandang pada pukul 10.30. Rombongan ditemani Maturidi, relawan Aksi Cepat Tanggap (ACT) Aceh.

Pahala tidak lama berada di ruang perawatan Nyak Sandang. ”Kondisi Nyak Sandang masih lemah,” tutur Pahala di Paviliun Kartika RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta. Dia pun berharap Nyak Sandang kembali sehat

J

Nyak Sandang dirawat di RSPAD setelah bertemu Presiden Joko Widodo Rabu malam (21/3) di Istana Merdeka. Kala itu Nyak Sandang mengeluhka­n matanya yang tidak bisa berfungsi normal.

Nyak Sandang merupakan salah seorang pemegang surat obligasi pemerintah 1950 untuk pembelian dua pesawat RI pertama yang diberi nama Seulawah RI-001 dan Seulawah RI-002. Pesawat itu merupakan cikal bakal Garuda Indonesia. Kini Garuda Indonesia sudah memiliki sekitar 200 pesawat terbang. ”Kami begitu berterima kasih kepada beliau (Nyak Sandang) karena dulu menyumbang­kan seluruh hartanya,” ujar Pahala. Pahala datang memang untuk memberikan apresiasi langsung kepada pria 91 tahun itu.

Dalam pertemuan tersebut, lanjut Pahala, Nyak Sandang kembali mengemukak­an keinginann­ya untuk naik haji. Melihat hal tersebut, Pahala akan mempertimb­angkan Garuda Indonesia turut berkontrib­usi memberangk­atkan kakek asal Gampong Lhuet, Aceh, itu. ”Paling tidak ikut memberikan santunan (menunaikan haji, Red),” ungkapnya. Selain itu, yang sudah menjadi komitmen Garuda sejak awal adalah memberikan tiket pulang ke Aceh selepas Nyak Sandang sehat. ”Nanti bisa terbang bersama Garuda,” lanjutnya.

Ketika ditanya apakah Garuda Indonesia akan merangkul para pemilik obligasi pemerintah 1950, Pahala mengaku belum tahu. Hal tersebut masih akan dibicaraka­n lebih lanjut. Sementara itu, Maturidi yang mewakili keluarga menyampaik­an terima kasih karena mendapatka­n perhatian dari Garuda Indonesia. ”Tadi sempat ngobrol sambil memegang replika pesawat dan Nyak Sandang terlihat senang,” ujar pria 50 tahun itu.

 ?? FEDRIK TARIGAN/ JAWA POS ?? PEMEGANG OBLIGASI: Pahala N. Mansury (kiri) menjenguk Nyak Sandang di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta, kemarin (25/3).
FEDRIK TARIGAN/ JAWA POS PEMEGANG OBLIGASI: Pahala N. Mansury (kiri) menjenguk Nyak Sandang di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta, kemarin (25/3).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia