Jawa Pos

Raup Mayoritas Suara dari NU dan Loyalis Jokowi

Dukungan pada Khofifah-Emil

-

Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Timur 2018 menghadirk­an dua kader Nahdlatul Ulama (NU), yakni Khofifah Indar Parawansa dan Saifullah Yusuf. Namun, suara dari jamaah NU bagi keduanya tak lantas seimbang. Lembaga Survei Poltrackin­g memberikan fakta terbaru.

LEMBAGA Survei Poltrackin­g Indonesia memuat fakta bahwa mayoritas jamaah Nahdlatul Ulama (NU) memilih Cagub Khofifah Indar Parawansa dan Cawagub Emil Elestianto Dardak. Berdasarka­n survei terbaru Pilgub Jawa Timur 2018 yang dilakukan lembaga itu pada 6-11 Maret, pasangan nomor urut satu tersebut meraup 45,3 persen suara. Sementara itu, pasangan Saifullah Yusuf-Puti Guntur Soekarno 37,7 persen.

Survei yang dilakukan Poltrackin­g Indonesia menggunaka­n metode stratified multistage random sampling dengan jumlah responden 1.200 dan margin of error 2,83 persen serta tingkat kepercayaa­n 95 persen. Survei dilakukan di 38 kabupaten dan kota di Jawa Timur.

Peneliti Associate Poltrackin­g Indonesia Arya Budi menjelaska­n sosok Khofifah begitu mengakar sebagai tokoh perempuan NU. Selain itu, anak ideologi KH Abdurrahma­n Wahid (Gus Dur) itu adalah satu-satunya figur Nahdliyin yang memiliki massa besar (Muslimat NU) sehingga wajar kalau didukung banyak kalangan.

”Khofifah tak hanya identik sebagai bagian struktural di organisasi NU, tapi juga mempunyai basis kultural yang sangat kuat,” kata Arya di Surabaya, Sabtu (24/3) lalu.

Selain itu, menurut Arya, Khofifah memiliki dukungan kuat dari dari tokoh-tokoh besar NU, terutama kiai kultural pemangku pondok pesantren (ponpes) besar di Jawa Timur. Di antaranya KH Salahuddin Wahid dan KH Muzakki Syah.

Fakta lain dari hasil survei tersebut adalah mayoritas pemilih Jokowi memberikan dukungan untuk Khofifah-Emil sebesar 48,8 persen. Hal tersebut diperkuat dengan bergabungn­ya loyalis pendukung Jokowi dan Barisan Relawan Jokowi Presiden (Bara JP) ke barisan pendukung Khofifah-Emil.

Deklarasi secara resmi disampaika­n BPD Bara JP Jawa Timur di Kota Batu, Minggu (4/3) lalu. ”Adapun bentuk dukungan yang kami lakukan, di antaranya roadshow dan konsolidas­i ke daerahdaer­ah untuk menggalang dukungan Khofifah-Emil,” kata Ketua Bara JP Jawa Timur Giyanto Wijaya.

Menurut Arya, banyaknya pemilih Jokowi yang memberikan dukungan karena faktor kedekatan Khofifah dengan Jokowi. ”Kiprah Khofifah yang selalu bersama Jokowi sejak Pilpres 2014 hingga sebagai menteri sosial menjadi faktor penarik suara loyalis Jokowi ke Khofifah,” pungkasnya.

 ?? TIM SUKSES KHOFIFAH-EMIL ?? MASYARAKAT: Berdasar survei, dilihat dari subkultur, Khofifah-Emil dipilih masyarakat dari empat wilayah, yakni Madura, Mataraman pesisir, Mataraman, dan Arek.
TIM SUKSES KHOFIFAH-EMIL MASYARAKAT: Berdasar survei, dilihat dari subkultur, Khofifah-Emil dipilih masyarakat dari empat wilayah, yakni Madura, Mataraman pesisir, Mataraman, dan Arek.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia