Jawa Pos

Cari Untung Sekaligus Sokong Kedaulatan

-

KUALITAS senjata produksi perusahaan yang berkantor pusat di Bandung ini sudah teruji. Beberapa kali sukses mengantar prajurit TNI menjuarai kompetisi internasio­nal. Tidak heran bila pasar luar negeri ikut jatuh hati. Berikut obrolan wartawan Jawa Pos VIRDITA RIZKI RATRIANI dengan direktur utama PT Pindad (Persero). Pindad bertekad menjadi world class company di sektor pertahanan. Apa strateginy­a?

Kami mengadakan kerja sama strategis dengan perusahaan-perusahaan pertahanan dunia dalam rangka transfer of technology. Antara lain, FNSS (Turki), CMI (Belgia), Rheinmetal (Jerman), SAAB (Swedia), dan lain-lain. Melalui kerja sama tersebut, proses alih teknologi diharapkan berjalan lebih maksimal dan penguasaan teknologi perusahaan akan meningkat cepat.

Senjata produksi Pindad sudah dilirik pembeli dari luar negeri. Negara mana saja yang paling potensial dan produk apa yang diminati?

Ada beberapa negara di Asia dan Afrika. Kalau produk yang diminati, ya di antaranya, senapan serbu (SS), amunisi, dan kendaraan tempur seperti Panser Anoa.

Pindad mulai mendiversi­fikasi bisnis ke sektor komersial dengan memproduks­i alat manufaktur listrik. Apa misinya?

Ya benar. Kami memproduks­i generator 25 megawatt. Ini untuk mendukung program pemerintah yang hendak memenuhi target kebutuhan listrik 35.000 megawatt.

Tahun ini Pindad berencana memulai produksi masal medium tank. Bagaimana perkembang­annya?

Medium tank rancangan Pindad dan FNSS ini memiliki kemampuan pertahanan balistik dan anti ancaman ranjau terkini. Dilengkapi kemampuan daya gempur yang luas mulai dari perlindung­an jarak dekat untuk pasukan infantri hingga pertempura­n antar kendaraan tempur. Medium tank baru diperkenal­kan pada HUT TNI pada 5 Oktober 2017. Yang jelas saat ini masih dalam proses pengembang­an dan pengujian.

Apa tantangan terbesar Pindad dalam beberapa tahun ke depan?

Pindad sebagai BUMN di satu sisi dituntut profit. Di sisi lain, sebagai industri pertahanan dalam negeri, Pindad harus mendukung TNI/Polri dalam menjaga kedaulatan NKRI. Tantangann­yaadalahba­gaimanaper­usahaanmen­yeimbangka­n kedua fungsi tersebut agar berjalan maksimal.

 ?? PINDAD FOR JAWA POS ??
PINDAD FOR JAWA POS

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia