Jawa Pos

Aksi Terbesar sejak Protes Perang Vietnam

-

WASHINGTON – Emma Gonzalez mengucurka­n air mata saat menyebutka­n lagi satu per satu nama teman-temannya yang menjadi korban penembakan ’’the monster’’ Nikolas Cruz. Suaranya bergetar. Detikdetik penuh kengerian yang menimpa sekolahnya, Marjory Stoneman Douglas High School, pada 14 Februari itu masih membayang jelas.

Menurut Emma, seorang Cruz hanya membutuhka­n waktu 6 menit 20 detik untuk membunuh 17 orang dan melukai 15 lainnya. Termasuk dirinya. ’’Perjuangka­n hidup Anda sebelum orang lain yang harus mengupayak­annya untuk Anda,’’ kata gadis 17 tahun itu di akhir pidatonya sebagaiman­a dilansir Time kemarin (25/3).

Emma bergabung dengan ratusan ribu orang yang kembali turun jalan pada Sabtu (24/3) untuk mengenang tragedi di Kota Parkland, Negara Bagian Florida. Aksi bertajuk March for Our Lives tersebut digelar di kota-kota besar Negeri Paman Sam. Selain Washington DC, Associated Press menyebut New York, Denver, dan Los Angeles. Bahkan, aksi serupa dihelat di London, Paris, Tokyo, dan Sydney.

Di New York, perhatian tertuju pada Paul McCartney, salah satu personel band The Beatles. Dia sengaja menghadiri aksi March for Our Lives di dekat Central Park untuk mengenang John Lennon.

Sekitar 37 tahun lalu, Lennon, vokalis The Beatles, tewas setelah empat peluru bersarang di punggungny­a. Dia ditembak dari jarak dekat di kawasan Central Park.

’’Saya tidak tahu apakah kita bisa mengakhiri kekerasan bersenjata. Tapi, inilah yang bisa kita lakukan dan saya ingin menjadi bagian darinya,’’ ujarnya kepada CNN.

Menurut laporan BBC, sejumlah selebriti lain juga terlibat dalam aksi massa yang diklaim sebagai unjuk rasa terbesar sejak berakhirny­a Perang Vietnam tersebut. Antara lain, Kim Kardashian dan suaminya, Kanye West. Mereka terbang ke Washington DC khusus untuk ikut berunjuk rasa.

Mereka bergabung dengan George Clooney, Oprah Winfrey, Steven Spielberg, Ellen DeGeneres, dan Cher. Di sana Miley Cyrus, Ariana Grande, Jennifer Hudson, dan Demi Lovato turut mendukung.

Saya bukan pengguna (Facebook) dan tidak pernah punya akunnya. Karena itu, jangan berpikir bahwa saya ini martir atau perusahaan-perusahaan saya memelopori perubahan besar.’’

ELON MUSK

CEO/PENDIRI SPACEX DAN TESLA INC

 ?? SHANNON STAPLETON/ REUTERS ?? SALING MENGUATKAN: Emma Gonzalez (kanan) dan Tyra Hemans, sesama penyintas tragedi penembakan Marjory Stoneman Douglas High School. Foto kiri, Sir Paul McCartney ikut berunjuk rasa di dekat Central Park, New York City.
SHANNON STAPLETON/ REUTERS SALING MENGUATKAN: Emma Gonzalez (kanan) dan Tyra Hemans, sesama penyintas tragedi penembakan Marjory Stoneman Douglas High School. Foto kiri, Sir Paul McCartney ikut berunjuk rasa di dekat Central Park, New York City.
 ?? JONATHAN ERNST/REUTERS ??
JONATHAN ERNST/REUTERS

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia