Jawa Pos

Imbas Ijen, Travel Wisata Merugi

-

BANYUWANGI – Kawasan wisata Ijen hingga kemarin (25/3) masih ditutup untuk wisatawan. Agen travel yang telanjur menerima tamu untuk trip ke Ijen terpaksa mengalihka­n ke destinasi lain. Bahkan, beberapa turis memilih membatalka­n trip yang sudah dipilih.

Misalnya yang disampaika­n Aldila Afrikartik­a, salah seorang agen travel wisata. Pengusaha Tirta Tour Travel itu mengaku merugi akibat penutupan Ijen.

Gara-gara gas beracun di Ijen, bisnis travel wisatanya terganggu. Menurut Aldila, biasanya pada weekend selalu ramai wisatawan, baik domestik maupun mancanegar­a, yang memanfaatk­an travelnya untuk menikmati keindahan Kawah Ijen.

’’Saat ini terpaksa tidak ada satu pun trip ke sana (Ijen),’’ kata wanita yang akrab disapa Ninon itu.

Beberapa tamu yang telanjur memilih paket trip terpaksa

5

Diduga keberatan, Yasir mengambil sabit dan langsung membabat serta membacok Wiwid di bagian wajah.

”Tidak sempat menghindar, akhirnya korban hanya bisa tersungkur sambil memegang wajahnya yang terluka. Lari menjauh, Wiwid berteriak meminta tolong warga sekitar karena darah mengucur dari wajahnya,” beber perwira muda tersebut.

Beberapa warga datang dan mencoba menghadang pelaku yang kembali ingin menerjang korban. Mereka akhirnya bisa meringkus dan mengamanka­n Yasir. Sedangkan Wiwid langsung dilarikan ke puskesmas terdekat untuk mendapatka­n perawatan intensif. dialihkan ke tempat wisata lain. Kepala BKSDA Wilayah V Banyuwangi Sumpena menjelaska­n, hingga kemarin status Kawah Ijen masih ditutup sementara.

 ?? FREDDY RIZKI / JAWA POS RADAR BANYUWANGI ?? DAMPAK: Petani di lereng Ijen menyirami kubis dengan air agar tidak layu.
FREDDY RIZKI / JAWA POS RADAR BANYUWANGI DAMPAK: Petani di lereng Ijen menyirami kubis dengan air agar tidak layu.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia