Jawa Pos

Laris di Sektor Pertahanan

-

TAK ada pemain Belanda yang masuk sepuluh besar daftar pencetak gol terbanyak di liga elite Eropa. Hanya Bas Dost yang bercokol di posisi runner-up top scorer Liga Portugal dengan koleksi 23 gol.

Sebaliknya, ketika para penyerang Belanda kurang moncer, deretan pemain belakang Oranje laris diminati klub-klub raksasa. Virgil van Dijk, misalnya. Awal tahun ini dia berhasil memecahkan rekor bek termahal dunia ketika hijrah dari Southampto­n ke Liverpool dengan banderol GBP 75 juta (Rp 1,46 triliun).

Setelah Van Dijk, bek Belanda lainnya, Stefan de Vrij, dikabarkan sudah mencapai kata sepakat dengan Inter Milan. De Vrij bakal dikontrak dengan durasi lima musim ke depan. Sebelumnya, bek Lazio itu juga diminati Barcelona dan Liverpool.

La Gazzetta dello Sport menyebutka­n, sukses Inter memenangi perebutan tanda tangan De Vrij atas Barca maupun Liverpool menjadi gengsi tersendiri. Dikabarkan, De Vrij sepakat dengan Inter dengan gaji EUR 4,2 juta (Rp 71,53 miliar) per musim dari 2018–2019 mendatang.

Bek 26 tahun tersebut sebetulnya juga ditawari perpanjang­an kontrak oleh Lazio sejak musim panas lalu. Namun, De Vrij yang bergabung dengan Lazio musim panas 2014 memilih mengakhiri kerja sama akhir musim ini.

Nah, Barca yang gagal mendapatka­n De Vrij kini mengalihka­n perburuan untuk menggaet bek muda Ajax Matthijs de Ligt. ’’De Ligt menjadi opsi yang masuk akal buat Barca untuk melapisi Gerard Pique. Usianya yang masih muda serta potensinya yang besar dan terus berkembang sangat diminati Barca,’’ tulis Marca.

De Ligt mencuri perhatian banyak klub besar Eropa sejak musim lalu. Pemain 18 tahun itu menjadi bagian skuad Peter Bosz yang menembus final Liga Europa 2016– 2017. Sayang, De Light gagal mempersemb­ahkan trofi setelah kalah oleh Manchester United di final.

Lantas, bagaimana nasib bek Yerry Mina kalau De Ligt bergabung? Menurut Sport, Mina akan dipinjamka­n untuk beberapa musim. Cuma, kalau ada klub yang mengajukan penawaran dengan harga pantas, Barca melepasnya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia