Jawa Pos

Anggap Saja Final Piala Dunia

WALES vs URUGUAY

-

NANNING – Wales memang tak berpartisi­pasi di Piala Dunia 2018. Namun, mereka tetap merasakan atmosfer kompetisi selama agenda laga internasio­nal bergulir. Wales yang berpartisi­pasi di ajang China Cup berpeluang meraih trofi hari ini. Mereka akan menghadapi Uruguay pada partai final yang dilangsung­kan di Guangxi Sports Center.

Pelatih Uruguay Oscar Tabarez menyadari ancaman dari Wales. ’’Wales sudah menunjukka­n perkembang­an yang luar biasa. Apalagi, beberapa pemain mereka memiliki pengalaman di level tertinggi Eropa,’’ katanya kepada Daily Times. ’’Mereka menang enam gol tanpa balas saat menghadapi tuan rumah Tiongkok (22/5) dengan Bale mencetak hat-trick. Kami tidak akan melepas laga ini karena termasuk persiapan menuju Piala Dunia,’’ lanjut pelatih 71 tahun tersebut.

Tiga gol itu membuat Bale menjadi top scorer sepanjang masa Wales dengan 29 gol. Dia melewati pencapaian Ian Rush dengan 28 gol. Bintang Real Madrid tersebut sekaligus menjadi top scorer China Cup 2018.

Motivasi Bale semakin meningkat karena final hari ini beraroma El Clasico. Sebab, ada sosok Luis Suarez di timnas Uruguay. Suarez yang juga rivalnya di La Liga baru saja menorehkan milestone gol di China Cup. Gol via titik putih saat membantu timnya menang 2-0 atas Republik Ceko di semifinal (23/3) adalah gol ke-50 Suarez bersama Uruguay. El Pistolero –julukan Suarez– kini menjadi top scorer sepanjang masa La Celeste.

’’Memenangi trofi selalu menyenangk­an. Namun, memenangin­ya bersama negara selalu istimewa,’’ kata Bale. Ya, dia mengoleksi banyak trofi bersama Real Madrid. Namun, Bale belum mampu membawa Wales ke podium. Bahkan, trofi internasio­nal terakhir yang diraih Wales adalah British Home Championsh­ip pada 1970 lalu.

Bukan hanya Bale, motivasi Ashley Williams juga berlipat karena kembali bentrok dengan Suarez. ’’Dia (Suarez, Red) adalah striker paling merepotkan yang pernah saya hadapi di Premier League. Lebih dari itu, pertanding­an nanti juga semakin sulit karena kami akan melawan beberapa pemain terbaik di dunia,’’ sambung Williams merujuk keberadaan Edinson Cavani dan Diego Godin di Uruguay.

 ??  ?? LAPAR GELAR: Aksi Gareth Bale ketika menghadapi Tiongkok di Nanning Jumat lalu (23/3).
LAPAR GELAR: Aksi Gareth Bale ketika menghadapi Tiongkok di Nanning Jumat lalu (23/3).
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia