Jawa Pos

Uji Coba Bawa Petaka

-

BERLIN – Virus FIFA. Itulah sebutan buat situasi pemain yang harus kembali ke klubnya karena cedera setelah menjalanka­n tugas negara. Hal tersebut juga dialami sejumlah penggawa timnas Jerman. Ada pemain yang absen saat Jerman menantang Brasil pada laga uji coba di Olympiasta­dion, Berlin, Rabu (28/3). Mereka adalah Mesut Oezil, Emre Can, Thomas Mueller, dan Sami Khedira. Keempatnya cedera setelah Jerman ditahan imbang 1-1 oleh Spanyol (24/3).

Bahkan, Oezil, Can, dan Mueller sudah kembali ke klub masing-masing. ’’Dengan punggungny­a yang masih cedera dan tidak bisa bermain melawan Brasil Selasa (Rabu dini hari, 28/3), Emre Can sudah pulang hari ini (kemarin),’’ tulis akun Twitter resmi DFB (federasi sepak bola Jerman) sebagaiman­a dilansir Daily Mail.

Cedera yang menimpa Khedira juga mengkhawat­irkan. Dia mengalami cedera hamstring sehingga harus digantikan Ilkay Guendogan pada menit ke-53. Khedira menderita cedera saat berduel dengan Thiago Alcantara.

Nah, yang paling cemas dengan kondisi Khedira adalah Juventus. Itu bisa dipahami. Sebab, dua agenda Nyonya Tua setelah jeda internasio­nal sangat krusial.

Yang pertama, meladeni AC Milan di giornata ke-30 Serie A (1/4). Tiga hari berselang, Juventus meladeni Real Madrid pada leg pertama perempat final Liga Champions.

Hanya, Khedira masih berada di skuad Jerman. ’’Jangan khawatir. Itu (saat digantikan Guendogan, Red) hanya tindakan pencegahan. Tapi, sekarang semuanya baik-baik saja!’’ tulis Khedira di akun Instagram-nya.

Inggris juga terkena virus FIFA. Jack Wilshere, misalnya. Gelandang Arsenal tersebut menderita cedera lutut saat menjalani pemusatan latihan bersama timnas Inggris. Wilshere dipastikan absen saat Inggris menghadapi Italia di laga uji coba Rabu lusa (28/3).

Selain Wilshere, Joe Gomez sempat membikin panik karena mengalami cedera hamstring saat Inggris menang 1-0 atas Belanda (25/3). Tragisnya, Harry Maguire yang menggantik­an Gomez saat laga baru berjalan sepuluh menit juga menderita cedera hamstring.

Bahkan, bek Leicester City itu harus digantikan Eric Dier saat laga kurang dua menit. Meski demikian, pelatih Inggris Gareth Southgate menegaskan bahwa Gomez dan Maguire tetap dibawa saat menghadapi Italia.

’’Sebenarnya kami tidak ingin dia (Maguire) bermain hingga selama itu (79 menit). Sebab, dia sudah menjalani laga yang melelahkan bersama Leicester (melawan Chelsea di perempat final Piala FA hingga extra time,

18/3),’’ ujar Southgate.

Belgia Hamstring

 ?? JOHN SIBLE/REUTERS ?? BIKIN PANIK: Joe Gomez (kanan) meninggalk­an lapangan karena cedera saat melawan Belanda di Amsterdam Sabtu lalu (24/3). Tapi, dia tetap disertakan dalam laga melawan Italia.
JOHN SIBLE/REUTERS BIKIN PANIK: Joe Gomez (kanan) meninggalk­an lapangan karena cedera saat melawan Belanda di Amsterdam Sabtu lalu (24/3). Tapi, dia tetap disertakan dalam laga melawan Italia.
 ?? MICHAEL PROBST/AP PHOTO ?? YAKIN PULIH: Sami Khedira (tengah) didampingi dokter timnas Jerman Hans-Wilhelm Mueller-Wohlfahrt (dua dari kiri) meninggalk­an lapangan untuk mendapat perawatan.
MICHAEL PROBST/AP PHOTO YAKIN PULIH: Sami Khedira (tengah) didampingi dokter timnas Jerman Hans-Wilhelm Mueller-Wohlfahrt (dua dari kiri) meninggalk­an lapangan untuk mendapat perawatan.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia