Jawa Pos

Petenis No 175 Dunia Singkirkan Federer

-

KEY BISCAYNE – Ini adalah hasil yang tak disangka-sangka. Sang maestro asal Swiss Roger Federer kembali bermain tak sesuai harapan dan kalah pada pertanding­an pertamanya di Miami Open.

Secara mengejutka­n, Federer dikalahkan petenis berperingk­at ke-175 dunia asal Australia Thanasi Kokkinakis. Bermain di Tennis Center at Crandon Park, Key Biscayne, Florida, Amerika Serikat, Federer kandas dalam tiga set dengan skor 3-6, 6-3, 7-6 (4).

’’Saya pantas mendapatka­n hasil ini,’’ ucap Federer sebagaiman­a dilansir Associated Press. ’’Setidaknya itu yang saya rasakan,’’ tambah petenis 36 tahun tersebut.

Hasil itu membuat Federer untuk kali pertama mengalami kekalahan back-to-back sejak 2014. Sebelumnya, pengumpul 20 titel grand slam tersebut juga kandas di tangan Juan Martin del Potro (Argentina) pada final Indian Wells Masters.

Lebih dari itu, lantaran gagal mempertaha­nkan gelar, Federer bakal resmi kehilangan peringkat pertama dunianya. Predikat tersebut akan kembali ke tangan Rafael Nadal. Walaupun faktanya, bintang asal Spanyol itu tidak bertanding pada turnamen tersebut.

Setelah kehilangan ranking pertama dunia, Federer belum berkeingin­an untuk segera merebut titel itu kembali. Kemarin dia secara resmi mengumumka­n bakal melewatkan rentetan ajang tanah liat, termasuk grand slam Prancis Terbuka. Ini menjadi tahun kedua berturut-turut dia mundur dari jadwal kompetisi tanah liat.

Di sisi lain, kemenangan kemarin membuat Kokkinakis menahbiska­n diri sebagai petenis dengan ranking terendah yang mampu menumbangk­an petenis nomor satu dunia sejak 2003.

 ?? GEOFF BURKE/USA TODAY SPORTS VIA AP ?? KEJUTAN BESAR: Thanasi Kokkinakis asal Australia merayakan kemenangan­nya atas Roger Federer pada babak kedua Miami Open 2018.
GEOFF BURKE/USA TODAY SPORTS VIA AP KEJUTAN BESAR: Thanasi Kokkinakis asal Australia merayakan kemenangan­nya atas Roger Federer pada babak kedua Miami Open 2018.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia