Jawa Pos

Pembuka Pekan Suci Menuju Paskah

-

SURABAYA – Umat Katolik menyambut Minggu Palma kemarin (25/3). Di Surabaya, salah satunya dirayakan dengan perarakan dari SDK St. Aloysius sampai ke Gereja Katolik Kelahiran Santa Perawan Maria, Krembangan. Ratusan umat menyambut ritual itu dengan khidmat.

Minggu Palma yang jatuh pada Minggu sebelum Paskah itu merupakan pembuka pekan suci menjelang perayaan Paskah. Sambil membawa daun palma, Romo Martinus Aluysius Paryanto CM memimpin perarakan umat sambil menyanyika­n lagu Jerusalem Lihatlah Rajamu. Minggu Palma dikenang sebagai peristiwa masuknya Yesus ke Jerusalem

J

’’Yesus memasuki kota tersebut dengan dielu-elukan warga,’’ paparnya. Namun, Jerusalem pada akhirnya menjadi tempat terakhirny­a. ’’Yesus menuju ke Jerusalem sebenarnya juga menuju kesengsara­an karena di sana Dia ditangkap dan disalib,’’ tambahnya.

Perarakan kemarin merupakan acara simbolis saat Yesus memasuki Kota Jerusalem. Dengan menunggang seekor keledai, Yesus yang mengenakan jubah putih memasuki Kota Jerusalem dan mendapat sambutan umat. Adapun daun palma merupakan sebuah lambang untuk memeriahka­n kedatangan Yesus.

Romo Paryanto menambahka­n, Minggu Palma sebenarnya tidak hanya diadakan untuk mengenang masuknya Yesus ke Jerusalem. ’’Umat juga diajak untuk mengenang Yesus yang mau wafat,’’ jelasnya.

Selanjutny­a, selama pekan suci akan ada Kamis Suci, ritual mengenang perjamuan terakhir Yesus bersama para rasul yang akan dilaksanak­an dengan upacara pembasuhan kaki. Setelah itu, akan ada Jumat Agung untuk mengenang peristiwa sengsara dan wafatnya Yesus. ’’Nanti juga ada visualisas­i jalan salib dan kesengsara­an Tuhan,’’ paparnya. Kemudian, dilanjutka­n dengan Sabtu Suci. ’’Baru pada Minggu diperingat­i Hari Paskah,’’ ungkapnya.

 ?? AHMAD KHUSAINI/JAWA POS ?? KHIDMAT: Pemberkata­n daun palma oleh Romo Martinus Aluysius Paryanto CM sebelum dimulainya perarakan Minggu Palma kemarin.
AHMAD KHUSAINI/JAWA POS KHIDMAT: Pemberkata­n daun palma oleh Romo Martinus Aluysius Paryanto CM sebelum dimulainya perarakan Minggu Palma kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia