Jawa Pos

Seekor Kambing Utuh Tidak Cukup

-

SURABAYA – Kebun Binatang Surabaya (KBS) punya banyak jurus untuk menarik minat pengunjung. Dari sekian banyak itu, salah satu atraksi andalannya adalah feeding time komodo seperti yang berlangsun­g kemarin (25/3). Pengunjung memiliki kesempatan untuk berinterak­si secara langsung dengan komodo, termasuk memberi makan.

Atraksi tersebut mengundang decak kagum para pengunjung. Ada tiga ekor kambing yang disiapkan keeper atau pawang hewan. Pengunjung tidak perlu turun ke kandang komodo. KBS menyiapkan pancing besar untuk memasukkan daging kambing ke kawanan komodo.

Setiap bagian tubuh kambing disajikan untuk kadal raksasa itu, termasuk isi perut sebagai menu tambahan. ’’Kami juga berikan menu tambahan lainnya untuk menunjang nutrisi komodo kami,” ujar Kasihumas KBS Wini Hustiani.

Menu tambahan tersebut berupa kepala ayam dan tikus kecil. Setidaknya ada lebih dari dua kantong plastik kepala ayam yang disajikan. Setiap kantong berisi 5 kg kepala ayam

J

Sedangkan tikus kecil yang diberikan berjumlah 150 ekor.

Paling awal mendapatka­n sajian makanan adalah komodo dewasa. Ada 17 komodo dewasa yang berusia 8 sampai 12 tahun. Di usia itu, ukuran panjang komodo ratarata lebih dari 2 meter. Untuk mereka, satu kambing utuh dimasukkan ke kandang.

Kambing itu dikaitkan ke seutas tali yang terpasang di penyangga besi. Belum diarahkan ke mereka, para komodo sudah mendongakk­an kepalanya. Mereka sudah mencium bau daging dan darah dari kejauhan.

’’Makanya, kalau ada keeper yang sedang luka tidak akan kami bolehkan untuk turun ke kandang. Bahaya,” jelas Wini.

 ?? DIPTA WAHYU/JAWA POS ?? TANPA ANTRE: Komodokomo­do dewasa bersiap menyantap daging kambing yang disajikan kemarin.
DIPTA WAHYU/JAWA POS TANPA ANTRE: Komodokomo­do dewasa bersiap menyantap daging kambing yang disajikan kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia