Jawa Pos

Khawatir Cicilan Mobil Tak Tuntas

Sopir Taksi Online Protes Kuota

-

SURABAYA – Penetapan kuota taksi online yang beroperasi di metropolis dianggap terlampau kecil oleh sopir dan pemilik kendaraan. Pembatasan kuota tersebut dipastikan bakal menggulung ribuan sopir yang saat ini menjadi penarik taksi online.

Berdasar data Dinas Perhubunga­n (Dishub) Jatim, kuota taksi online yang boleh beroperasi di area Jatim sebanyak 4.445 unit. Dari jumlah itu, Surabaya mendapatka­n kuota 2.500 unit.

Kuota yang ditetapkan Dishub Jatim itu disayangka­n oleh Wakil Ketua DPD Asosiasi Driver Online Jatim Tito Ahmad. Menurut dia, kuota itu terlalu kecil jika dibandingk­an dengan jumlah taksi online yang kini telah beroperasi di jalanan.

Dia menyebutka­n, untuk Surabaya saja, saat ini tercatat 10 ribu taksi online yang beroperasi. Jika kuota yang ditetapkan hanya seperempat­nya, jelas itu sangat memberatka­n sopir dan pemilik kendaraan.

Tito mengatakan, sebagian besar kendaraan yang dioperasik­an merupakan hasil pembelian dengan sistem kredit. Artinya, para pemilik kendaraan masih mempunyai tanggungan untuk mengangsur cicilan setiap bulan. Jika tiba-tiba pembatasan diterapkan, dipastikan banyak pemilik kendaraan yang tidak bisa membayar cicilan.

Berdasar informasi yang didapatnya, rata-rata para pemilik kendaraan mengambil kredit dalam waktu 4–5 tahun. Sementara itu, cicilan setiap bulannya berkisar Rp 5 juta. ”Ini terjadi karena uang muka untuk mengajukan kredit mobil biasanya kecil,” jelasnya.

Meski keberatan dengan kuota yang ditetapkan dishub, Tito mengatakan bahwa pembatasan pengoperas­ian taksi online memang perlu dilakukan. Dengan pembatasan, setidaknya pemasukan para sopir bisa stabil. ”Kami setuju dengan kuota. Namun, jangan terlalu kecil juga,” katanya.

Kepala Dishub Jatim Wahid Wahyudi mengungkap­kan, kuota taksi online tersebut sudah ditetapkan berdasar berbagai pertimbang­an. Misalnya, analisis akademik dan kesepakata­n semua stakeholde­r yang terlibat. ”Termasuk Dirjen Perhubunga­n Darat,” jelasnya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia