Jawa Pos

Guyub Rayakan Sedekah Bumi

Tradisi Warga Lempung

-

SURABAYA – Dunia boleh terus bergerak ke arah modernitas. Meski hamparan ladang tergantika­n dengan ”hutan” beton dan perumahan, warisan budaya harus tetap dilestarik­an. Salah satunya, tradisi sedekah bumi.

Hal itu disampaika­n Agus Hadi, ketua RW 5 Lempung, Kelurahan Lontar, Sambikerep, dalam perayaan tahunan sedekah bumi kemarin siang (25/3). Sejak Sabtu malam (24/3), ratusan orang berkumpul di balai RW 5. Ada sebelas RT dalam RW 5.

Mula-mula, mereka mengaji dan memanjatka­n puji syukur kepada Tuhan YME. Mereka berdoa selepas ibadah salat Magrib hingga menjelang pukul 00.00

Menjelang pagi, mereka menuju punden. Sebuah situs yang terletak di sisi timur gedung balai RW. Di tempat itu, warga dan sesepuh menabur bunga serta meletakkan sesaji. ”Dahulu, tempat itu satu-satunya sumber mata air di kawasan ini. Sekarang sudah mengering dan tempat itu tetap sakral,” tutur Agus.

Nah, setelah tabur bunga dan berdoa di punden, warga kembali ke rumah masing-masing untuk memasak nasi tumpeng. Hampir setiap KK dari 11 RT memasak nasi tumpeng. Kalau sudah jadi, tumpeng dibawa ke balai RW untuk selanjutny­a disantap bersama.

Meski lahan persawahan sudah tidak ditemui lagi di kawasan tersebut, warga tetap percaya bahwa menyantap tumpeng akan mendatangk­an keberkahan bagi kegiatan mereka seharihari. ”Meski sudah tidak ada hasil bumi, warga percaya tumpeng bisa membawa keberkahan,” lanjut Agus.

Dia menambahka­n, dalam setahun kegiatan itu diselengga­rakan satukali.Perayaanny­amenggunak­an perhitunga­n Jawa. Memilih salah satu di antara tiga bulan yang dianggap suci. Bisa dilakukan pada Jumadil awal, Jumadil akhir, atau Rajab. ”Nah, perayaan tahun ini warga meminta dilakukan pada Rajab,” terangnya.

Perayaan sedekah bumi semakin meriah dengan pertunjuka­n wayang kulit dalang Ki Sumiran. Di tengah peradaban yang terus berkembang, warga diingatkan bahwa hidup sebagai suku Jawa harus terus membumi dan menyatu dengan alam.

 ?? GALIH TJOKRO/JAWA POS ?? BEREBUT NASI TUMPENG: Anggota DPRD Kota Surabaya M. Machmud (berkacamat­a) menikmati nasi tumpeng bersama warga Lempung dalam perayaan sedekah bumi.
GALIH TJOKRO/JAWA POS BEREBUT NASI TUMPENG: Anggota DPRD Kota Surabaya M. Machmud (berkacamat­a) menikmati nasi tumpeng bersama warga Lempung dalam perayaan sedekah bumi.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia