Jawa Pos

Seru-seruan Bareng Anak-Anak Pesisir

-

SURABAYA – Dua belas anggota UKM Himpunan Mahasiswa Sosial (Himasos) Unitomo menggelar bakti sosial di kaki Jembatan Suroboyo kemarin (25/3). Tema yang diambil kali ini adalah Pena Sosial untuk Negeri. Zuana Prasiska Fatma Safaatin, ketua umum himasos, mengakui bahwa itu adalah kegiatan outdoor pertama dalam masa jabatannya.

’’Biasanya kami hanya menggelar doa bersama dan makanmakan di panti asuhan,’’ terang Zuana. Kegiatan tersebut dilakukan untuk mencari sesuatu yang berbeda. Beralas terpal biru, bocah-bocah pesisir itu berlomba mewarnai gambar pemandanga­n. Bukan hanya itu, ada game seru yang tetap mengedukas­i mereka seperti pengetahua­n tentang namanama presiden.

’’Siapa yang tahu nama presiden pertama?’’ seru Zuana. Ternyata banyak di antara mereka yang paham dan tahu nama presiden Indonesia terdahulu meski masih duduk di bangku sekolah dasar. Mereka terlihat bersahutsa­hutan. Tidak ingin kalah.

Meski terkadang gaduh, kegiatan itu berlangsun­g kondusif. Warga sekitar pun sangat men- dukung kegiatan tersebut. ’’Sering-sering bikin kegiatan seperti ini, Mbak, Mas,’’ ucap salah seorang warga sekitar kepada para anggota Himasos Unitomo. Hal seperti itulah yang diinginkan himasos. ’’Moto kami memang selalu peduli dengan sesama dan menyisakan tenaga untuk yang membutuhka­n,’’ tambah perempuan yang sedang menempuh pendidikan di Fakultas Ekonomi Manajemen Unitomo tersebut.

Dalam kegiatan itu, mereka tak lupa membagikan bingkisan berupa buku tulis, buku gambar, dan pensil. Tujuannya masih sama. Yaitu, meningkatk­an kreativita­s dan semangat belajar anak-anak kurang mampu. ’’Itulah mengapa tema kami Pena Sosial untuk Negeri,’’ tutur Zuana.

 ?? AHMAD KHUSAINI/JAWA POS ?? SPONTAN: Anak-anak di sekitar Jembatan Suroboyo diajak ikut lomba mewarnai oleh UKM Himasos Unitomo kemarin.
AHMAD KHUSAINI/JAWA POS SPONTAN: Anak-anak di sekitar Jembatan Suroboyo diajak ikut lomba mewarnai oleh UKM Himasos Unitomo kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia