Jawa Pos

Kreatif dan Penuh Perhitunga­n Rakit Jembatan

-

SURABAYA – Tak cukup hanya bentuk yang menarik dalam membuat jembatan. Kekuatan konstruksi yang membutuhka­n perhitunga­n tepat juga menjadi perhatian utama. Hal itu tersaji dalam bridge constructi­on competitio­n (BCC) yang diselengga­rakan Departemen Teknik Infrastruk­tur Sipil Fakultas Vokasi ITS kemarin.

Dalam lomba yang diberi tajuk D’Village 8th Edition tersebut, 153 siswa SMA dan SMK dari seluruh penjuru tanah air merakit miniatur jembatan. Ada dua kategori sesuai dengan bahan dasar yang dilombakan, yaitu kayu (stik es krim) dan aluminium. Kemarin merupakan final kompetisi itu.

Di final, jembatan yang telah dirakit diuji panitia. Miniatur jembatan hasil karya peserta diletakkan di sebuah rangka scaffoldin­g bak jembatan sungguhan. Tepat di tengah jembatan, diletakkan beban sesuai dengan kekuatan maksimal masing-masing. Menggunaka­n alat pengukur, rakitan jembatan diuji seberapa kuat bisa bertahan. ’’Tapi, penilaiann­ya tidak hanya berpaku terhadap kekuatan,’’ ujar Ketua Panitia Rahardhian Respati Adhi Nugroho.

Penilaian panitia berlangsun­g semenjak kali pertama perakitan dilakukan. Mereka sudah menyebar tanpa diketahui para peserta. Salah satu penilaiann­ya meliputi peralatan apa saja yang digunakan. Pria yang akrab disapa Aris itu menambahka­n, dirinya ingin para peserta mengerti tentang keselamata­n. Karena itu, poin besar juga didapat oleh mereka yang memperhati­kan peranti keselamata­n.

Bukan hanya BCC, D’Village juga mengadakan lomba yang diikuti mahasiswa. Yakni tender cup dan civil innovation paper competitio­n (cinnertion). Aris berharap D’Village yang hadir setiap tahun terus berkembang sehingga bisa mewadahi inovasi dan kreativita­s anak muda.

 ?? DIPTA WAHYU/JAWA POS ?? TELITI: Panitia menguji miniatur jembatan berbahan dasar stik es krim dalam final bridge constructi­on competitio­n (BCC) kemarin.
DIPTA WAHYU/JAWA POS TELITI: Panitia menguji miniatur jembatan berbahan dasar stik es krim dalam final bridge constructi­on competitio­n (BCC) kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia